Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Konsumsi Asam Folat saat Hamil

Pentingnya Konsumsi Asam Folat saat Hamil

Tidak hanya penting dikonsumsi wanita hamil, folat juga penting dikonsumsi sejak sebelum hamil. Seperti yang dikatakan Dr. Uf Bagazi, SpOG, dari Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta, “Kebutuhan asam folat juga perlu dipenuhi sejak persiapan kehamilan, tepatnya tiga bulan sebelum hamil. Dan masih terus dibutuhkan hingga saat mengandung juga menyusui,” jelasnya.

 

Sependapat dengan pernyataan Dr. Uf tentang folat, Bethany Thayer, M.S., R.D., dari Henry Ford Hospital di Detroit, sekaligus juru bicara American Dietetic Association, juga mengatakan hal serupa. “Salah satu cara terbaik untuk memastikan bayi Anda sehat adalah dengan mengonsumsi diet sehat, dengan banyak makanan kaya folat sejak sebelum Anda hamil,” ujarnya.



 

Folat atau bentuk sintetisnya, asam folat, merupakan vitamin B yang dapat mencegah cacat bawaan pada bayi dan ketidaknormalan serius pada otak dan saraf tulang belakangnya. Tidak hanya itu, folat juga dapat mencegah pre-eklampsia lho, Moms!

 

Pre-eklampsia adalah penyakit keracunan pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, ada protein dalam urin, dan pembengkakkan setelah usia kehamilan 20 minggu. Akibatnya ibu yang tengah hamil bisa mengalami keguguran, bayi lahir dengan bobot rendah, atau yang paling ekstrem adalah kematian.



 

Penyebab pre-eklampsia adalah kadar homocystein yang tinggi. Hal ini juga berkaitan dengan komplikasi selama kehamilan seperti kelahiran prematur dan bayi lahir mati. Nah, menurut beberapa penelitian, asam folat dapat menurunkan kadar homocystein dalam darah. Jadi, hanya dengan memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan folat, maka Anda bisa terbebas dari risiko pre-eklampsia.

 

Beberapa penelitian juga mengatakan,  jika seorang wanita mengonsumsi jumlah folat yang disarankan sejak sebelum hamil dan di awal kehamilan, maka nyaris 70 persen cacat bawaan pada bayi bisa dicegah. Wah, penting sekali ya peran asam folat bagi kehamilan Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan folat dengan meminum multivitamin asam folat 400 mikrogram per hari ya, Moms. (Tiffany/HH/Dok. M&B UK)



Tags: folat,   kehamilan,   kandungan,   kesehatan,   asam_folat,   multivitamin,   nutrisi








Cover Januari - Februari 2020