Mother&Baby Indonesia
10 Kegiatan Seru Sebelum Melahirkan

10 Kegiatan Seru Sebelum Melahirkan

Akhirnya impian Anda untuk menjadi seorang ibu terwujud. Tapi tunggu dulu, sebelum bayi mungil Anda hadir, nikmati masa kehamilan Anda dengan melakukan 10 hal 'menyenangkan' berikut ini!

 

1. Diari Kehamilan



Buat diari atau catatan harian tentang apa yang Anda rasakan selama hamil. Supaya ceritanya lebih menarik,tempelkan foto USG bayi Anda dan tulis harapan Anda untuk Si Kecil kelak. Catatan Anda bisa menjadi kenang-kenangan indah.

 

2. Foto Kehamilan

Sewa jasa fotografer profesional dan abadikan masa kehamilan Anda dengan membuat album foto. Foto-foto ini dapat mengingatkan kembali betapa glowingdan bahagianya Anda ketika hamil. Hal yang perlu diingat saat foto hamil adalah jangan malu untuk menonjolkan bentuk perut Anda, hindari pakaian longgar, tunjukan romantisme dengan suami, dan jangan lupa tersenyum. Cheese!

 

3. Book Worm

Bergelung di sofa yang empuk dan nyaman, ditemani segelas susu cokelat hangat dan novel romantis atau buku tentang parenting, hmm... heaven! Saat Si Kecil lahir kesempatan seperti itu mungkin akan menjadi 'langka'.

 

4. Babymoon

It's babymoon time! Manfaatkan momen babymoon untuk bersantai dan menghabiskan waktu berkualitas dengan suami. Kenangan manis yang Anda dan suami rasakan saat babymoonakan terasa spesial karena Si Kecil 'ikut serta'. Waktu yang paling tepat untuk babymoon adalah saat usia kehamilan memasuki trimester ke-2. Sebab, rasa mual yang biasanya Anda rasakan di trimester pertama sudah mereda. Namun, untuk lebih amannya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui apakah Anda cukup kuat untuk melakukan perjalanan jauh.

 

5. Quality Time dengan Sahabat

Jika quality time dengan suami sudah tercukupi, jangan lupa luangkan waktu juga untuk sahabat Anda misalnya pergi mencicipi makanan dan minuman di restoran baru, pergi ke salon, atau belanja bersama. Berada di antara teman dekat tentunya akan membawa energi dan pikiran yang positif buat Anda dalam menjalani masa kehamilan.

 

6. Nonton di Bioskop



Saat film terbaru dari aktor atau aktris kesayangan Anda tayang di bioskop jangan ragu untuk membeli tiket dan menontonnya bersama suami atau teman Anda. Sebab, setelah bayi Anda lahir mungkin Anda baru bisa nonton kembali di bioskop 1 tahun atau mungkin... 2 tahun kemudian.

 

7. Baby Shower

Berbagi kebahagiaan dalam menyambut kelahiran buah hati dengan kerabat dan sahabat tercinta dengan mengadakan baby shower tentunya sangat mengasyikan. Tapi, jangan jadikan baby shower hanya sebagai ajang 'kumpul-kumpul' saja, buat baby shower Anda berkesan dan spesial dengan membuat tema pesta dan dress code yang unik.

 

8. Senam Hamil

Manjakan diri boleh, tapi jangan lupa berolahraga untuk menjaga stamina Anda. Tapi ingat tak semua olahraga boleh dilakukan bumil. Pilih jenis latihan yang aman dan mendukung kehamilan Anda. Anda juga bisa bergabung di kelas senam hamil, di sana Anda akan diajarkan teknik pernapasan yang tepat, dan melatih fleksibilitas otot untuk mendukung proses persalinan.

 

9. Buat Playlist Lagu

Menurut Eva Vescelius penulis buku Music and Health, mendengarkan musik secara teratur dapat membantu tubuh relaks secara fisik dan mental. Eva juga mengatakan dalam proses persalinan, terapi musik berfungsi mengatasi kecemasan dan mengurangi rasa sakit. Jadi, buat playlist lagu favorit Anda di handphone atau music player dan putar saat persalinan. Oh ya jangan lupa siapkan juga speaker portable.

 

10. Tidur, Tidur, dan Tidur

Jangan pernah merasa bersalah untuk bangun sedikit siang di akhir pekan, atau tidur siang 1–2 jam sehari. Sebab, menurut peneliti dari Universitas California, San Francisco, wanita hamil yang tidur kurang dari 6 jam berisiko melahirkan Caesar, seperti dikutip dari organisasi Sleep Foundation. Selamat menikmati masa kehamilan Anda! (Karina/TW/Dok. M&B UK)

 

 



Tags: kehamilan,   persalinan,   aktivitas,   babymoon,  








Cover Januari - Februari 2020