Mother&Baby Indonesia
Perut Buncit Pertanda Masalah Pencernaan?

Perut Buncit Pertanda Masalah Pencernaan?

Dijawab oleh: dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya

 



T: Dok, anak saya berusia 20 bulan dan perutnya kelihatan membuncit. Apakah perut buncit pertanda ada masalah pencernaan, Dok? Oh ya hingga sekarang anak saya masih diberi ASI. Masalah lainnya, ia sulit makan dan pilih-pilih makanan tertentu saja sehingga berat badannya susah naik. Apa yang harus saya lakukan, Dok? Terima kasih atas penjelasannya. (Neti Nuraeni)

 



J: Perut anak-anak sampai ia berusia 4-5 tahun memang akan tampak membuncit. Kenapa? Karena otot perut bayi hingga anak balita masih belum kuat. Jadi perut tampak buncit itu hal yang normal.

Mengenai sulit makan dan pilih-pilih makanan, biasanya memang dialami oleh anak usia 1-3 tahun. Coba cek lagi Bu, apakah aturan dalam memberikan makan anak sudah benar? Dengan mengatur waktu makan rutin, sama jamnya setiap hari, kemudian frekuensi 3 kali per hari, dengan susu sudah 2-3 kali saja, dan snack atau makanan selingan 2 kali.

Perhatikan juga pemberian makan harus tanpa distraksi (tidak sambil main, jalan-jalan, nonton TV, dan sebagainya). Jika masalah ini memang sudah memengaruhi status gizinya (BB susah naik), segera konsultasikan ke dokter ya Bu! (Hilman/Dok. Freepik.com)



Tags: perut,   buncit,   pencernaan,   anak








Cover Maret 2020