Mother&Baby Indonesia
Si Kecil Sering Sariawan

Si Kecil Sering Sariawan

Dijawab oleh: dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A, dari RSUD Dr. Soetomo, Surabaya

 



T: Dok, anak saya sering mengalami sariawan. Kasihan kalau makan jadi suka lama dan kesulitan mengunyah karena terasa sakit. Sebenarnya, apa penyebab sariawan itu Dok? Bagaimana pula cara menanganinya? Terima kasih banyak atas penjelasannya. (Yuni Vristianti)

 

J: Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan terjadinya sariawan atau dalam bahasa medis disebut stomatitis. Perlu kita ketahui, di dalam rongga mulut banyak terdapat bakteri dan jamur. Nah, infeksi karena bakteri dan jamur inilah yang bisa menyebabkan sariawan.

 



Faktor lain yang menyebabkan sariawan, antara lain kesalahan menggosok gigi. Si Kecil mungkin cara menggosok giginya masih belum benar dan tidak berhati-hati sehingga terjadi sariawan. Selain itu,sariawan juga bisa disebabkan karena tergigit atau terjatuh.

 

Saya mengasumsikan anak Anda sudah rutin menggosok gigi. Maka coba dibenahi dulu cara menggosok giginya. Jika sudah benar cara menggosok giginya tapi masih mengalami sariawan, maka kemungkinan penyebabnya adalah infeksi.

 

Sariawan berulang seperti dialami buah hati Anda bisa jadi disebabkan karena infeksi berulang. Karena itu, harus dicari penyebabnya terlebih dahulu. Coba konsultasikan pada dokter ya! (Hilman/Dok. Freepik)



Tags: sariawan,   sakit,   mulut,   infeksi,   gosokgigi










Cover Mei-Juni-Juli 2020