Mother&Baby Indonesia
Bengkak di Bawah Telinga Anak

Bengkak di Bawah Telinga Anak

Dijawab oleh : dr. M. Vinci Ghazali, Sp.A., Brawijaya Clinic ANZ Square-Podium Thamrin Nine (UOB Plaza), Jakarta.

 

T:  Putra saya sudah lima hari mengalami bengkak di bagian bawah telinga kanan, ia sempat demam dua hari. Saya sudah berikan obat penurun demam dan infeksi, demamnya hilang tapi bengkak di telinganya belum juga hilang. Apakah bengkak di bawah telinga bisa mengganggu pedengaran anak saya?



 

J: Demam disertai pembengkakan kelenjar parotitis atau kelenjar air liur yang terletak di bawah telinga putra Anda disebabkan oleh infeksi virus Mumps. Istilah kedokteran untuk penyakit ini adalah parotitis, Mumps, atau dalam istilah awamnya gondongan. Paroritis tidak akan menggangu pendengaran Si Kecil.

 



Obat penurun panas boleh diberikan pada Si Kecil jika diperlukan, sedangkan obat antivirus tidak terlalu perlu diberikan karena obat itu fungsinya hanya merangsang tubuh untuk membentuk antibodi. Penyakit gondongan termasuk penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan. Umumnya, proses penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus membutuhkan waktu 10-14 hari. Jadi, wajar saja jika bengkak Si Kecil belum juga hilang dalam waktu lima hari.

 

Gondongan bukan penyakit menakutkan tetapi kadang bisa terjadi komplikasi bila virus menyerang organ lainnya, seperti testis. Meskipun jarang terjadi, kerusakan testis yang permanen bisa menyebabkan kemandulan. Penyakit ini bisa dicegah dengan pemberian vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella). (Karina/MN/TW/Dok. M&B UK)



Tags: parotitis,   kesehatan,   anak,   balita,   virus








Cover Maret 2020