Mother&Baby Indonesia
Jangan Meniru Sikap Buruk, Nak!

Jangan Meniru Sikap Buruk, Nak!

Dijawab oleh: Sarah Ockwell-Smith, penulis Gentle Parenting Book.

 



T: Anak saya yang masih berusia 2 tahun sering meniru sikap konyol kakaknya. Bagaimana cara menghentikannya?

 

J: Anak-anak memang sering meniru semua yang ada di sekitarnya, terutama jika itu dilakukan oleh orang yang lebih tua, karena begitulah cara dia belajar. Efeknya juga lebih hebat jika saudara atau orang dewasa yang mereka tiru memiliki gender yang sama. Jadi daripada pusing memikirkan cara menghentikan anak 2 tahun Anda dari meniru sikap konyol, lebih baik fokus untuk memerbaiki sikap kakaknya.

 



Bersikap konyol itu normal bagi anak-anak. Sikap itu mungkin membuat Moms jengkel, tapi coba tanya lagi pada diri Anda sendiri, kenapa Anda mau sikap itu hilang. Apakah sikap itu tidak pantas? Kejam? Atau sekadar konyol?

 

Anda punya 2 pilihan: menghentikannya, atau ikut bersikap konyol. Sikap konyol adalah cara yang seru untuk bonding dengan anak-anak Anda. Namun jika sikap konyol Si Kakak cukup mengganggu atau berbahaya, maka luangkan waktu untuk ngobrol dan beria ia pengertian.

 

Cara ini membawa Anda pada poin penting lainnya: apakah Anda sudah memberikan perhatian yang cukup untuk Si Kakak? Mengurus anak usia 2 tahun memang sulit dan menyita banyak waktu, jadi pastikan Anda sudah meluangkan cukup waktu dan perhatian untuk kakaknya juga. (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: sikap,   anak,   siblings,   sifat,   konyol,  








Cover Maret 2020