Mother&Baby Indonesia
Bayi Selalu Lapar

Bayi Selalu Lapar

 

Dijawab oleh: Dr. Triana Darmayanti A., Sp.A, dari Rumah Sakit Jakarta.

 



T: Bayi saya berusia enam minggu, tetapi ia selalu lapar dan minta disusui setiap 1-2 jam sekali. Apa penyebab ia selalu merasa lapar?

 



J: Jika bayi usia 0-6 minggu diberi rangsangan di daerah mulut dan pipi, dengan puting atau tangan otomatis bibir dan lidahnya melakukan gerakan seolah menyedot. Hal ini disebut reflek hisap. Banyak ibu muda yang kadang salah mengartikan tangis bayi dan reflek hisap sebagai pertanda Si Kecil lapar dan perlu disusui. Padahal mungkin saja ia menangis karena merasa kurang nyaman, jadi perlu diketahui dahulu penyebab tangisnya.

 

Bila Anda selalu memberi ASI saat Si Kecil menangis dikhawatirkan akan terjadi kolik karena perutnya kembung. Untuk mengetahui cukup atau tidaknya asupan ASI Si Kecil bisa dilihat dari pertambahan berat badannya. Ada baiknya Anda rajin ke dokter untuk menimbang berat badannya dan mengetahui target peningkatan tiap bulan. Pada bayi usia 0-3 bulan target peningkatan berat badannya adalah 750-1000 gram per bulan. (Karina/LD/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   lapar,   asi,   susu