Mother&Baby Indonesia
5 Bahan yang Membuat Salad Jadi Sumber Kalori

5 Bahan yang Membuat Salad Jadi Sumber Kalori

Banyak orang mengonsumsi salad untuk menurunkan berat badan. Dengan asumsi bahwa salad terdiri dari sayur, maka Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit. Namun, ternyata tidak selamanya hal itu tepat lho, Moms. Jika Anda menaruh topping yang tidak tepat, bisa jadi salad Anda memiliki kalori yang tidak jauh berbeda dengan sepiring nasi Padang. Berikut beberapa topping yang sebaiknya Anda hindari jika tidak ingin salad Anda berubah menjadi sumber lemak.

 

1. Sayuran Mengandung Pati
Sayuran yang mengandung pati seperti jagung dan kacang polong memang terlihat sehat. Namun, sayuran ini memiliki kalori yang cukup banyak. Selain itu, kandungan pati akan berubah menjadi gula setelah dimasak dan membuat kadar gula darah Anda lebih tinggi. Akibatnya, Anda justru akan lebih lapar dan menginginkan karbohidrat beberapa waktu setelah mengonsumsinya.




Solusi: Gantikan dengan sayuran yang tidak mengandung pati seperti paprika, dan kaya akan serat seperti edamame.

 


2. Sayuran yang Ditumis
Jangan menumis beberapa sayuran yang ada dalam salad, karena kandungan minyak akan menaikkan kalori salad.


Solusi: Cukup mudah, Moms. Konsumsi saja semua dalam keadaan mentah.

 

3. Waspada dengan Low Fat Dressing
Salah satu bahan yang tinggi kalori dalam salad adalah dressing. Oleh karena itu, Anda disarankan tidak menggunakan terlalu banyak dressing. Jika Anda mengira bisa mengganti hal tersebut dengan low fat atau low calorie dressing, Anda salah, Moms. Karena low fat dressing berarti ada bahan yang ditambahkan untuk membuat rasanya tetap enak, dan biasanya bahan tersebut tidak sehat, seperti gula atau garam.




Solusi: Gunakan dressing buatan sendiri yang terdiri dari cuka, sedikit olive oil, dan irisan alpukat sebagai sumber lemak. Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk atau rempah-rempah.

 


4. Porsi Terlalu Besar
Walaupun salad terdiri dari banyak sayuran hijau, jika porsinya terlalu besar maka salad justru akan membuat Anda gemuk. Ini karena semakin banyak sayuran di piring, semakin banyak pula bahan lain yang akan Anda tambahkan untuk memberinya rasa.


Solusi: Tambahkan protein sehat seperti daging ayam tanpa lemak atau ikan, agar Anda tetap kenyang.

 


5. Jenis Sayuran
Cermati sayuran yang ada dalam salad. Sayuran yang tidak tepat, seperti selada misalnya, tidak mengandung banyak nutrisi dan rasanya juga tidak enak.


Solusi: Gunakan sayur seperti bayam atau kale. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: salad,   lemak,   info,   tips,   kalori