Mother&Baby Indonesia
6 Menu Peningkat Kesuburan

6 Menu Peningkat Kesuburan

Setelah menikah, memiliki keturunan tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Namun berbagai hal turut memengaruhi kesuburan Anda dan pasangan, mulai dari kesehatan fisik maupun kesiapan mental. Nah, agar Anda dan pasangan lekas memiliki momongan, 6 makanan peningkat kesuburan ini dapat Anda coba.

 

1. Green Tea



Jika Anda dan suami adalah pasangan yang tidak bisa hidup tanpa kopi, maka ada baiknya Anda mulai mencoba green tea latte. Seperti yang kita ketahui, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menunda ovulasi, lho. Nah, walau green tea tetap mengandung kafein, namun jumlahnya tentu tidak sebanyaknya kopi hitam ya. Green tea juga kaya akan antioksidan, yang penting untuk kesehatan sel tubuh Anda. Selain itu, antioksidan sangat penting untuk meningkatkan kesuburan pria. Ayo ganti kopi Anda dengan green tea!

 

2. Salmon

Ikan yang satu ini adalah sumber asam lemak esensial, yang dapat membantu menolong ketidakseimbangan hormon dan menutrisi seluruh sel dalam tubuh Anda. Plus, salmon juga kaya protein. Menurut sebuah penelitian di Amerika, mengonsumsi makanan kaya protein dapat meningkatkan kualitas sel telur dan sperma. Jadi, Anda bisa mengonsumsi dua porsi salmon per minggu, tapi jangan lebih dari itu ya, karena dapat mengandung racun.

 

3. Brokoli

Sayuran favorit semua orang ini kaya akan asam folat, yang sangat penting untuk awal kehamilan karena dapat mencegah bayi cacat lahir. Sempurnakan dengan suplemen asam folat, ya! Dan pastikan suami Anda mengonsumsi brokoli juga. Menurut sebuah penelitian, pria yang banyak mengonsumsi asam folat memiliki sperma yang lebih sehat.

 



4. Susu

Tapi harus susu full-fat. Kenapa? Karena wanita yang mengonsumsi setidaknya satu porsi produk susu full-fat dapat mengurangi risiko infertilitas hingga 25 persen! Kandungan lemak dalam produk susu diyakini berperan penting bagi fungsi ovarium.

 

5. Telur

Kandungan vitamin D dalam telur dipercaya baik untuk kesuburan Anda dan pasangan. Telur juga mengandung vitamin B12, yang bersama asam folat telah terbukti membantu mengurangi risiko bayi lahir cacat. Jika Anda ingin mengonsumsinya dalam versi rendah lemak, sajikan telur orak-arik atau rebus, daripada yang digoreng.

 

6. Blackberry

Buah ini kaya akan antioksidan, yang membantu tubuh Anda melawan racun dan menutrisi seluruh sel dalam tubuh Anda. Sudah banyak juga bukti antioksidan membantu meningkatkan fertilitas pada wanita dan pria. Jika Anda tidak suka blackberry, Anda bisa mencoba berry lainnya, seperti raspberry dan blueberry. Semuanya kaya akan antioksidan (dan lezat untuk dijadikan smoothies). (Tiffany/Dok. Pixabay)



Tags: kesuburuan,   fertilitas,   pasangan,   kehamilan,   kandungan,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020