Mother&Baby Indonesia
Kenapa Anak Tidur Larut Malam?

Kenapa Anak Tidur Larut Malam?

Moms, mengajak Si Kecil tidur tepat waktu memang hal yang menantang. Bagaimana tidak, Si Kecil sering kali sulit ditidurkan menjelang jam 21.00, dan justru sangat aktif sampai larut malam. Kalau sudah begini, Anda pun mulai membandingkan anak Anda dengan anak sahabat Anda, yang sudah mengantuk pada pukul 20.00.

 

Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan Si Kecil, Moms, karena ternyata ada alasan di balik perbedaan jam tidur satu anak dengan anak lainnya. Menurut Mary Carskadon, Ph.D., direktur dari Chronobiology ans Sleep Research Laboratory di Bradley Hospital, Amerika Serikat, anak-anak dan remaja ternyata cenderung pada salah satu jadwal, siang atau malam.



 

Hal ini berdasar pada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa masing-masing individu memiliki preferensi tidur yang berbeda dan itu berhubungan dengan genetis. Walaupun demikian, faktor lingkungan dan usia juga mempengaruhi hal ini. Seperti pada remaja yang cenderung tidur larut.

 

Untuk mengetahui apakah Si Kecil lebih condong aktif saat siang atau malam, Anda dapat mengamatinya lewat beberapa pertanyaan ini.

 

  • Apakah Si Kecil lebih aktif dan lebih ceria pada jam-jam tertentu?
  • Apa ia selalu mengantuk pada sore hari, apapun yang terjadi?

 

Jika Si Kecil memang cenderung tipe anak yang aktif di malam hari, Anda sebaiknya berpikir lebih dalam sebelum memilih untuk mengakomodasi preferensi tidurnya. Saat ini mungkin belum menjadi masalah. Tapi pada akhirnya anak akan masuk sekolah dengan jam masuk yang sudah pasti.



 

Beberapa ahli mengatakan bahwa lebih cepat Anda menggeser jadwal tidurnya, akan lebih baik bagi Si Kecil. “Semakin lama Anda membiarkan pola tidur malam, akan makin sulit bagi Anda untuk mengubahnya,” ujar Robert Doekel, M.D., sleep specialist asal Alabama, seperti dikutip dari Parents.com.

 

Sementara itu, beberapa ahli lain tidak mempermasalahkan kapan Anda mulai menggeser waktu tidurnya. Namun, Anda juga harus memastikan untuk memberinya waktu sebelum mulai sekolah atau playgroup. Jangan sampai Anda baru menggesernya sehari sebelum ia mulai sekolah.

 

Baca juga: Anak Tidur Terlalu Malam? Ini Solusinya

 

Saat akhirnya Si Kecil bisa tidur pada waktu yang tepat, jangan biarkan rutinitas itu terganggu dengan mengajaknya bermain di malam hari. Untuk anak-anak, tidur adalah proses penting untuk mengembalikan energi dan mood anak-anak. Sehingga saat bangun, mereka siap untuk menyerap hal-hal baru yang ada di sekelilingnya. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: balita,   tidur,   info








Cover Januari - Februari 2020