Mother&Baby Indonesia
Anak Tidur Terlalu Malam? Ini Solusinya

Anak Tidur Terlalu Malam? Ini Solusinya

Rutinitas pagi hari mungkin merupakan peak hour bagi para ibu, baik yang bekerja maupun para ibu rumah tangga. Sehingga bangun pagi merupakan keharusan bagi mayoritas ibu. Namun bagaimana jika Si Kecil justru tidur larut malam dan membuat Anda sulit bangun pagi?

 

Jika Anda ingin Si Kecil bangun lebih pagi atau ia tidur lebih cepat agar Anda bisa lebih mudah beraktivitas, berikut cara menggeser waktu tidur Si Kecil, seperti dikutip dari Parents.com.



 

1. Undurkan waktu tidur Si Kecil 15 menit per hari, atau setiap 2-3 hari. Dengan menggesernya secara perlahan, Si Kecil tidak akan merasa kaget. Pergeseran pun akan lebih mulus.

 

2. Manipulasi cahaya lampu di kamar Si Kecil. Menurut ahli, hal ini akan mempengaruhi jam tubuh anak. Untuk menukar jam tubuh Si Kecil yang terbalik, coba berikan banyak cahaya saat pagi hari. Berikan aktivitas pagi hari seperti jalan kecil ke taman setelah sarapan. Kemudian matikan lampu saat sudah waktunya tidur.



 

3. Hindari aktivitas yang memberinya stimulasi seperti menonton televisi atau bermain games. Gantikan dengan rutinitas yang tenang dan membuatnya ngantuk, seperti memberinya segelas susu hangat dan membacakan cerita sebelum tidur.

 

Pastikan juga anak mendapat tidur yang cukup ya, Moms. Menurut rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP), anak berusia 2-3 tahun harus tidur selama 9-13 jam dan anak usia 3-5 tahun harus tidur 10-12 jam. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)
 



Tags: balita,   tidur,   tips,   anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020