Mother&Baby Indonesia
3 Tips Mengajak Anak Makan di Restoran

3 Tips Mengajak Anak Makan di Restoran

Setelah menjadi ibu, ada beberapa hal yang tidak lagi bebas dilakukan, termasuk makan di luar. Jika sebelumnya Anda tipe yang suka mencicipi makanan dan jajanan paling hits, sekarang Anda perlu memikirkan banyak hal sebelum memutuskan untuk pergi ke restoran.

 

Memang ada beberapa tempat makan yang tidak ramah anak, tapi bukan berarti Anda tidak bisa lagi mencicipi makanan-makanan yang terlihat lezat di media sosial lho, Moms. “Banyak orang tua yang khawatir membawa anaknya makan di luar karena khawatir anak rewel dan tidak ada fasilitas untuk bayi dan balita. Namun, dengan riset dan perencanaan, Anda dan Si Kecil tetap dapat menikmati waktu seru di restoran," jelas Lorna Clark, konsultan parenting di Greatvine.com, seperti dikutip dari Mother&Baby UK. Pssttt... ini berarti Anda juga terbebas dari tugas mencuci piring, Moms. Berikut beberapa tips sebelum Anda dan Si Kecil berangkat ke restoran.



 

1. Yang Harus Dibawa
Siapkan peralatan makan untuk dimasukkan dalam diaper bag Si Kecil. “Masukkan mangkuk, sendok, bib, dan plastik untuk menaruh alat yang kotor. Bawa juga camilan favorit Si Kecil dan pouch makanan bayi untuk jaga-jaga, jika makanan membutuhkan waktu masak yang lama,” ujar Lorna. Beberapa restoran menyediakan buku dan krayon untuk hiburan anak, namun tetap bawa persediaan sendiri untuk jaga-jaga.


“Mintalah untuk duduk dekat jendela agar Si Kecil tidak bosan. Anda juga bisa mengajaknya bermain games lewat pemandangan yang ada di jendela,” jelas Lorna.



 

2. Cek Fasilitas
Cari atau tanyakan ke pihak restoran tentang fasilitas untuk anak-anak, seperti high chair, tempat ganti popok, dan kesediaan untuk menghangatkan makanan Si Kecil jika Anda membawa puree sendiri. Jika Si Kecil makan makanan yang sama dengan Anda, cek menu restoran terlebih dahulu. Akan lebih aman jika Anda memilih buffet karena Si Kecil tidak perlu menunggu makanan dimasak.

 

3. Tetap Tenang and Carry On
Jika Si Kecil rewel, berteriak, membuang makanan atau garpu ke lantai, jangan panik. “Kemungkinannya adalah banyak pengunjung yang sudah pernah berada di posisi Anda. Tidak perlu panik atau minta maaf ke pihak restoran. Si Kecil akan menangkap aura Anda yang tegang dan akan makin rewel. Cukup tersenyum, singkirkan makanan dan peralatan lainnya dari jangkauan Si Kecil, lalu alihkan perhatiannya dengan mainan atau games,” saran Lorna. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: makan,   restoran,   tips,   bayi,   balita








Cover Maret 2020