Mother&Baby Indonesia
Ketika Anda dan Si Kecil Sakit

Ketika Anda dan Si Kecil Sakit

Saat Si Kecil sakit, wajar jika Anda merasa khawatir. Anda tentu ingin selalu merawat dan menjaganya hingga ia pulih kembali. Namun, bagaimana jika di saat yang sama Anda juga tidak sehat dan membutuhkan istirahat?

 



Saat sakit, Si Kecil pasti akan menjadi lebih rewel dan membutuhkan perhatian ekstra. Tentu mudah melakukan hal tersebut jika Anda sehat. Tetapi, jika Anda sendiri kurang sehat, sebaiknya jangan memaksakan diri dan mengabaikan kondisi diri sendiri. Perhatikan juga kesehatan Anda agar tidak semakin buruk dan membuat situasi semakin sulit.

 

Berikut 6 hal yang dapat dilakukan saat Anda dan Si Kecil sedang sakit. Semoga lekas sembuh!

 

1. Tidurlah Saat Si Kecil Tidur

Kondisi tubuh yang tidak nyaman, selain membuat Si Kecil terus menangis, juga akan membuatnya sulit tidur di malam hari. Tetapi, biasanya mereka tetap bisa tidur dengan cukup nyaman di pagi dan siang hari, dengan waktu yang mungkin lebih panjang dari biasanya.

 

Anda pun sebaiknya menggunakan waktu tersebut untuk tidur, agar dapat menyimpan tenaga sekaligus memulihkan kondisi tubuh. Ingatlah! Di malam hari, Anda membutuhkan ekstra tenaga untuk merawat Si Kecil yang seringkali tidak bisa tidur karena demam, batuk, flu, atau penyakit lain yang dialaminya.

 

2. Makan dan Minum Bersama

Mungkin, Anda akan lupa memperhatikan asupan untuk diri sendiri karena hanya fokus pada kebutuhan Si Kecil. Padahal, asupan makanan bergizi dan cairan, seperti air putih, sangat penting untuk tubuh Anda agar bisa cepat pulih. Untuk menyiasatinya, lakukanlah kegiatan minum dan makan bersama Si Kecil.

 

Selalu sediakan air putih di dekat Anda dan minumlah setiap Si Kecil menyusui, agar cairan tubuh tetap terjaga dengan baik. Jika Si Kecil sudah MPASI, makanlah bersama sehingga Anda dan Si Kecil sama-sama semangat untuk makan. Meski dalam kondisi kurang sehat, berusahalah untuk tetap makan dan minum secara teratur.

 

3. Perhatikan Diri Sendiri

Sebagai ibu, Anda pasti ingin terus memperhatikan Si Kecil saat ia sakit dan melupakan kenyataan bahwa Anda juga sedang sakit. Hal itu sangat wajar, namun tetap perlu disadari bahwa Anda juga harus memperhatikan kebutuhan diri sendiri. Jangan sampai karena terlalu sibuk mengurus Si Kecil kondisi Anda malah semakin parah.



 

Penuhi semua kebutuhan Anda saat sakit, dari makanan, minuman, hingga obat-obatan, dan sebisa mungkin perbanyaklah waktu istirahat. Yakinlah bahwa hal itu akan membuat Anda lebih cepat pulih, sehingga bisa lebih konsentrasi dalam merawat Si Kecil.

 

4. Fokus pada Kesehatan dan Lupakan Hal Lain

Rumah yang berantakan atau pakaian yang belum disetrika pasti akan menyita pikiran Anda untuk segera membereskannya. Sebelum melakukannya, ingatlah bahwa Anda harus menyimpan tenaga untuk melakukan hal lain yang lebih penting. Saat kondisi sedang tidak sehat, sebaiknya Anda fokus kepada hal-hal yang memang sangat dibutuhkan saja. Jangan membuang tenaga hanya karena merasa tidak betah melihat mainan Si Kecil yang berantakan dan akhirnya memperburuk kondisi tubuh Anda sendiri.

 

Ketahuilah saat sedang sakit, 30 menit saja melakukan kegiatan yang cukup berat, seperti bersih-bersih, akan membuat Anda merasa sangat kelelahan hingga tidak bisa melakukan aktivitas lain yang mungkin mendesak.

 

5. Rawat Si Kecil dari Tempat Tidur

Rawatlah Si Kecil dari tempat tidur dan perlakukan ia seperti bayi yang baru lahir. Penuhi semua kebutuhannya di tempat tidur, dari mulai sekedar memberikan pelukan hangat hingga menyusui dan bermain. Semua aktivitas yang dilakukan dari tempat tidur ini akan membuat Anda memiliki lebih banyak waktu beristirahat.

 

Contohnya, saat Si Kecil mulai mengantuk dan memejamkan mata, Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Selain memberikan kenyamanan atas rasa sakit yang dialami, kondisi ini pun akan menguatkan ikatan antara Anda dan Si Kecil.

 

6. Minta Bantuan

Jika sama-sama sakit, sebaiknya Anda tidak melakukan semua pekerjaan sendiri. Mintalah bantuan orang lain untuk mengatasi kondisi tersebut. Libatkan suami untuk bergantian merawat dan menjaga Si Kecil.

 

Jika pasangan Anda harus bekerja, jangan ragu untuk minta bantuan orang tua, mertua, atau teman dekat untuk menjaga Si Kecil agar Anda bisa beristirahat. Jangan lupa untuk memberitahukan apa saja kebutuhan Si Kecil selama mereka menjaganya, supaya Anda merasa tenang dan istirahat tidak terganggu. (Dina Christin/SR/TW/Dok. M&B UK)



Tags: kesehatan,   anak,   balita,   ibu,   bayi,   keluarga








Cover Januari - Februari 2020