Mother&Baby Indonesia
Tips Menyimpan Obat untuk Si Kecil

Tips Menyimpan Obat untuk Si Kecil

Moms, Anda tak pernah tahu kapan Si Kecil akan sakit, terjatuh, atau terluka. Sebagai langkah persiapan, sebaiknya Anda selalu menyediakan obat-obatan yang penting di rumah. Tentunya agar obat-obatan yang tersedia di rumah itu tidak terkontaminasi, simpanlah dengan baik di tempat yang tepat. 

Nah, berikut adalah cara-cara tepat dan benar untuk menyimpan obat-obatan:

 



1. Simpan dalam tempat yang kering.

Sediakan kotak khusus obat-obatan untuk Si Kecil. Pastikan menempatkan atau  meletakkan kotak obat tersebut di bagian rumah yang kering, tidak lembap, tidak langsung terkena paparan matahari, serta jauh dari jangkauan anak-anak.

Perlu diingat bahwa ada jenis obat yang perlu diletakkan di tempat khusus, misalnya antibiotik yang umumnya disimpan di lemari pendingin. Oleh karena itu, baca keterangan obat dengan saksa ma. Anda tidak dianjurkan untuk meletakkan obat-obatan di kabinet kamar mandi. Kenapa? Karena lembap sehingga obat-obatan lebih mudah rusak.

 



2.Atur menurut kategori obat.

Kelompokan obat-obatan sesuai kategori. Dengan begitu, saat membutuhkan obat dengan cepat, Anda tak lagi bingung. Letakkan balsam, minyak kayu putih, dan pereda sakit dalam posisi berdekatan.

 

3. Buang obat yang masa kedaluwarsanya sudah dekat.

Telitilah memeriksa tanggal kedaluwarsa obat, agar Si Kecil terhindar dari bahaya menggunakan obat-obatan yang sudah tidak lagi berkhasiat. soalnya, obat kedaluwasa itu  dapat berubah fungsi menjadi zat berbahaya. (Meiskhe/HH/Dok. M&B UK)



Tags: tips,   bayi,   balita,   kotak_obat,   obat,   penyakit








Cover Januari - Februari 2020