Mother&Baby Indonesia
3 Tips agar Tetap Tenang saat Me Time

3 Tips agar Tetap Tenang saat Me Time

Walaupun menghabiskan waktu bersama anak adalah hal yang sangat menyenangkan, tapi rasa kangen untuk bertemu teman atau menghabiskan waktu sendirian pasti datang ya, Moms. Tidak ada salahnya bagi para ibu untuk menikmati beberapa jam tanpa urusan ganti popok atau menyusui. Tapi, bisakah Anda melakukannya tanpa merasa bersalah?

 

Dikutip dari Mother&Baby UK, sebuah survei menunjukkan bahwa 50 persen ibu merasa bersalah karena meninggalkan anak kepada orang lain, dan 30 persen ibu justru tidak bisa bersantai saat menikmati me time.



 

“Wajar jika Anda khawatir saat meninggalkan Si Kecil. Bagaimanapun juga, ia adalah hal paling penting yang hadir dalam hidup Anda,” ujar psikolog Cynthia McVey. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menikmati me time ya, Moms. Berikut beberapa tips agar Anda lebih tenang saat meninggalkan Si Kecil selama beberapa waktu.

 



1. Orang yang Dipercaya
Kunci agar dapat rileks saat me time adalah menitipkan Si Kecil pada orang yang Anda percaya. “Entah itu ibu, saudara, atau teman, yang penting adalah Anda merasa tenang dan nyaman saat Si Kecil bersama orang tersebut,” ujar Cynthia. Jika Anda menggunakan jasa baby sitter, ajak ia untuk melakukan rutinitas Si Kecil bersama-sama, seperti rutinitas menidurkan anak. “Dengan begitu, anak terbiasa dengan orang lain menidurkannya dan baby sitter Anda pun paham rutinitas Si Kecil.


2. Mulai Perlahan
Jika Anda berniat untuk meninggalkan Si Kecil untuk semalam, sebaiknya Anda mulai meninggalkannya pelan-pelan secara bertahap. Misalnya dengan berbelanja selama 10 menit tanpa Si Kecil, dan waktunya bertambah secara perlahan. Dengan begitu, baik Anda dan Si Kecil bisa sama-sama mempersiapkan diri untuk berjauhan selama semalam.


3. Pahami Keuntungannya
Berjauhan beberapa waktu dapat memberi manfaat bagi Anda dan Si Kecil. “Untuk ibu, Anda bisa menikmati me time. Hal ini juga mengingatkan Anda tentang jati diri Anda, bukan hanya sebagai ibu dari Si Kecil. Sementara itu, Si Kecil akan lebih mandiri. Kuncinya adalah jangan terlambat memulai hal ini. “Pada usia 6 bulan, Si Kecil akan memasuki fase sangat manja pada Anda dan mulai sadar ketika Anda tidak ada di dekatnya,” jelas Cynthia. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)
 



Tags: ibu,   orangtua_baru,   tips,   me_time








Cover Januari - Februari 2020