Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Tanya:

“Saya sedang hamil tujuh bulan dan masih aktif bekerja. Belakangan ini, saya sering merasakan nyeri di bagian kaki yang cukup mengganggu aktivitas. Apakah ada cara mudah untuk mengatasinya, agar kembali nyaman serta bebas nyeri?”

Finna Radiani, 27, hamil 7 bulan



 

Jawab:

Minyak Almond

“Setelah beraktivitas seharian, saya pasti meluangkan waktu khusus di sore atau malam hari untuk menyamankan kaki. Pertama, saya akan mencuci kaki dengan sabun, lalu membilasnya sampai bersih. Setelah itu, saya akan membalurkan minyak almond ke sekitar pergelangan kaki, tumit, hingga jari-jari sambil memijatnya dengan lembut. Selain membuat kaki rileks, minyak almond juga ampuh untuk melembapkan kulit kaki saya yang entah mengapa menjadi lebih kering selama hamil ini.”

Maya Melivyanti, 31, hamil 32 minggu.

 

Sepatu Tanpa Hak

“Menurut saya, pemilihan alas kaki yang tepat untuk dipakai saat hamil sangatlah penting. Sebab, sedikit saja salah memakai sepatu atau sandal, maka kaki akan terasa tidak nyaman. Satu hal yang pasti, selama masa kehamilan, hindari  sepatu atau sandal yang memiliki hak.  Setiap habis bepergian, sebaiknya kita juga langsung merendam kaki dengan air hangat agar kembali rileks dan tidak bengkak.”

Sri Handayani, 22, hamil 38 minggu.

 



Rajin Bergerak

Menurut pengalaman saya, agar kaki tetap nyaman saat hamil, kita justru harus banyak bergerak agar sirkulasi darah lancar. Sebaiknya, hindari terlalu banyak diam dalam posisi duduk maupun berdiri. Berjalan kaki setiap pagi juga bisa dilakukan untuk mengurangi risiko bengkak dan serangan kram yang biasa terjadi pada ibu hamil. Di samping itu, sesekali manjakanlah kaki dengan memijat telapaknya untuk menciptakan rasa nyaman.”

Yeni Dwi Susanti, 32, ibu dari Affan Syahraja, 4,5, dan sedang hamil 32 minggu.

 

Posisi Duduk

“Waktu hamil Fakhry, saya tetap aktif bekerja dan cukup sering mengalami gangguan kaki. Setelah diamati, salah satu penyebabnya ternyata posisi duduk saya yang kurang baik. Untuk menyiasatinya, saat harus berada di belakang meja, saya selalu duduk dengan posisi kaki yang disangga kursi. Jadi, kaki saya berada tegak lurus di bawah meja. Selain itu, saya juga sangat menghindari duduk dengan posisi kaki menggantung.”

Vista Primaningsih, 33, ibu dari Muhammad Fakhry, 1 bulan.

 

Jeruk Nipis dan Garam

Kaki membengkak di usia kehamilan yang semakin besar itu biasa, saya pun pernah mengalaminya. Untuk mengatasinya, selain memakai sandal yang nyaman, saya juga terbiasa merendam kaki dengan air hangat, ditambah dengan perasan jeruk nipis dan garam. Lalu, kaki dipijat perlahan dan setelahnya diangkat ke tembok selama sekitar sepuluh menit. Saya pun terbiasa menyangga kaki dengan bantal saat tidur. Hasilnya, kaki saya bebas nyeri, kram, dan varises.”

Susi Hartini, 30, ibu dari Dustin Alexander Utama, 6 bulan. (Dina Christin/MN/TW/Dok. M&B UK)



Tags: kehamilan,   bengkak,   tips,   info,  








Cover Januari - Februari 2020