Mother&Baby Indonesia
Kenalkan Pentingnya Gizi Lewat Keseruan Karnaval

Kenalkan Pentingnya Gizi Lewat Keseruan Karnaval

 

Untuk anak-anak, proses belajar yang paling efektif adalah lewat bersenang-senang ya, Moms. Si Kecil jadi bisa belajar sambil bermain, seperti lewat karnaval yang satu ini. Dengan judul Karnaval Ayo Melek Gizi, anak-anak Yogyakarta belajar tentang pentingnya mengonsumsi gizi seimbang bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh mereka.

 



Karnaval yang diadakan oleh Danone ini dilakukan dari Benteng Vrederburg menuju Taman Pintar, Yogyakarta pada Minggu (22/1). Dalam acara ini anak-anak belajar gizi lewat banyak hal, seperti menikmati sarapan bersama dengan menu lokal seperti tiwul, telur bacem, sayuran dan buah-buahan yang menarik.

 

“Bahan pangan lokal mempunyai kelebihan lebih segar, cita rasanya lebih baik, kandungan nutrisinya lebih terjaga dan harganya lebih ekonomis, sehingga masyarakat berkesempatan untuk memperoleh jenis makanan yang lebih bervariasi. Anak pun bisa mendapatkan lebih banyak pilihan makanan untuk dikonsumsi.” lanjut Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK, Presiden Indonesian Nutrition Association.

 

Tidak hanya anak-anak, orang tua pun ikut belajar tentang pentingnya menyediakan asupan dengan gizi seimbang bagi keluarga. Menurut pemerhati anak dari Yayasan Pendidikan Integral Satu Bumi, Ni Wayan Suriastini, anak memiliki hak untuk  hidup dan berkembang  dengan baik dan sehat, sehingga orang tua harus membiasakan anak menerapkan gaya hidup sehat. Hal itu meliputi sarapan sehat, konsumsi buah dan sayur secara rutin, dan melakukan aktivitas fisik bersama keluarga di akhir pekan.



 

“Oleh karena itu pengetahuan tentang gizi dan gaya hidup sehat sangat dibutuhkan orang tua agar mereka bisa memenuhi hak-hak anak,” ujar Ni Wayan Suriastini.

 

dr. Luciana juga mengatakan bahwa orang tua bisa berpedoman pada piring sehatku saat menyajikan makanan pada Si Kecil, “sehingga anggota keluarga selalu memeroleh kecukupan asupan gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air dengan komposisi seimbang.”

 

Dalam karnaval ini, anak-anak juga melakukan fun walk dengan membawa spanduk yang berisi pesan-pesan bertemakan gizi seimbang dan mendengarkan dongeng tentang mencintai buah dan sayur dari relawan Ayo Dongeng. (Nadia/TW/Dok. Danone)



Tags: gizi,   nutrisi,   karnaval,   anak,   balita








Cover Januari - Februari 2020