Mother&Baby Indonesia
3 Penyebab Rambut Rontok dan Solusinya

3 Penyebab Rambut Rontok dan Solusinya

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Demikian istilah yang sering kita dengar. Rambut yang sehat, bersih dan lebat tentu menjadi dambaan banyak wanita. Sayangnya, tak sedikit juga wanita yang mengalami masalah rambut rontok. Ya, rambut rontok memang tak bisa dianggap sepele. Apalagi bila setiap hari rambut Anda rontok.

Ya, mengalami masalah rambut rontok memang tidak mengenakan. Pasalnya, rambut akan terlihat tipis dan rambut yang rontok itu dapat bertebaran dimana-mana. Kesal rasanya kalau setiap menyisir, banyak rambut yang berguguran. Biasanya yang menjadi "kambing hitam" atas kerontokan rambut adalah sampo dan kondisioner yang tak cocok. Anda pun kemudian mencoba berganti-ganti sampo dan kondisioner. Akan tetapi hasilnya tetap saja. Rambut Anda tetap saja rontok.

Karena itu, Moms perlu mengetahui sumber penyebab terjadinya rambut mudah rontok. Nah, berikut ini faktor penyebab rambut Anda suka rontok.



 

Stres

Menurut Paul Cucinello, ahli kecantikan di New York, banyak wanita cenderung mengabaikan masalah stres ini. Padahal, stres adalah salah satu sumber penyebab rambut rontok yang paling umum. "Ketika Anda stres, peradangan terjadi. Kemudian, menyebabkan folikel rambut  beralih dari tahap tumbuh ke tahap istirahat. Hal ini disebut sebagai Telogen effluvium dan ini menyebabkan rambut rontok terjadi. Ada lebih dari 200.000 kasus didiagnosis setiap tahun, "paparnya.
Saran: Coba lakukan meditasi, yoga, atau bahkan coba habiskan sedikit waktu sendirian agar stres dapat hilang.

 



Genetik
Faktor genetik juga dapat memengaruhi rambut rontok. Bila kerontokan rambut terus terjadi, akhirnya kepala bisa botak. Pada wanita, rambut rontok cenderung lebih luas, namun areanya tersembunyi. Sedangkan pada pria, rambut rontok karena genetik cenderung terlokalisasi dan berkonsentrasi pada bagian atas kepala.
Saran
: Tidak ada saran yang lebih baik selain ke dokter kulit khusus rambut dan konsultasikan dengan ahlinya. 

 

Bahan Kimia
Menurut Cucinello, ada banyak contoh di mana unsur kimiawi, seperti natrium hidroksida, digunakan sebagai bahan untuk meluruskan rambut. Padahal, bila unsur tersebut mengenaia kulit kepala bisa menyebabkan rambut rontok. 

Saran: Cucinello memperingatkan Anda untuk selalu berhati-hati menggunakan zat-zat kimia. Pastikan untuk berbicara dengan penata rambut Anda tentang bahan kimia yang akan digunakan pada rambut dan kepala Anda. (Seva/HH/Dok.)



Tags: rambut,   kecantikan,   rontok








Cover Januari - Februari 2020