Mother&Baby Indonesia
Hindari Memasak Hingga Berwarna Cokelat Kehitaman

Hindari Memasak Hingga Berwarna Cokelat Kehitaman

Lembaga Pengawasan Makanan di Inggris, FSA (The Food Standards Agency) memperingatkan bahwa makanan yang mengandung tepung, seperti roti dan kentang, harus dimasak hingga kuning keemasan, jangan sampai warnanya menjadi cokelat kehitaman. Karena warna makanan yang dimasak hingga cokelat kehitaman berpotensi menyebabkan kanker.

 

Akrilamida kimia dihasilkan ketika makanan bertepung yang dipanggang, digoreng, atau dibakar terlalu lama pada suhu tinggi. Dan penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa itu adalah zat beracun. Reaksi kimia yang terbentuk ketika gula dan protein dalam makanan yang mengandung tepung tersebut dimasak dengan suhu tinggi yaitu 120° C.



 

"Kami tidak mengatakan orang harus khawatir tentang makanan yang digoreng. Cukup menggoreng hingga kuning keemasan, jangan menunggu cokelat. Dengan begitu Anda sudah dapat mengurangi kadar akrilamida dalam makanan,” ujar Steve Wearne, direktur kebijakan di FSA.



 

FSA juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan yang digoreng ataupun dibakar hingga berwarna cokelat kehitaman. (Seva/TW/Dok. Freepik)
 



Tags: kanker,   kimia,   kesehatan,   masak,   makanan








Cover Januari - Februari 2020