Mother&Baby Indonesia
6 Cara Meredakan Puting Nyeri karena Menyusui

6 Cara Meredakan Puting Nyeri karena Menyusui

 

Menyusui adalah hal yang alami dan memberikan banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Namun, banyak ibu yang mengeluhkan sakit di bagian puting, terutama pada awal masa menyusui. Rasa sakit ini nantinya akan hilang, walaupun waktunya beragam.

 



Shifa Fauzia, 25, mengaku merasa sakit menyusui bayinya saat masih newborn. “Saya merasa sakit selama 1,5 bulan setelah melahirkan.” Untungnya setelah itu, ia tidak lagi merasa sakit. “Sepertinya Rafasha sudah lebih pintar menyusu dan payudara juga sudah mulai terbiasa, sehingga tidak lagi terasa sakit,” ujar ibu 1 anak ini. Sambil menunggu saat itu tiba, berikut tips untuk meredakan nyeri pada puting, seperti dikutip dari M&B UK.

 

1. Kompres
Rendam handuk kecil dalam air hangat dan kompres payudara dengan handuk tersebut. Hal ini akan menghilangkan kulit kering dan membuat puting lebih relaks sebelum menyusui.


2. Gunakan Krim
Untungnya saat ini banyak tersedia krim untuk meredakan sakit di puting. Dinginkan di dalam kulkas terlebih dahulu agar lebih nyaman saat digunakan. “Krim yang mengandung lanolin bagus untuk kulit rusak,” ujar breastfeeding expert Geraldine Miskin, seperti dikutip dari M&B UK. Tapi, jika puting Anda hanya merasa nyeri dan tidak pecah-pecah, Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti pad yang mengandung lanolin. Umumnya, krim ini aman jika tidak sengaja terkena mulut Si Kecil.




3. Pereda Nyeri Alami
Jika tidak nyaman dengan penggunaan krim, Anda bisa mengoleskan bahan-bahan alami, seperti madu atau olive oil organik. Tapi jangan lupa untuk mencuci payudara setelahnya, karena madu tidak boleh dikonsumsi oleh bayi. Beberapa tempat juga menyediakan minyak kelapa khusus untuk nyeri puting.


4. Jangan Gunakan Sabun
Sabun membuat kulit kering dan kehilangan minyak alaminya. Kulit kering dapat membuat puting lebih nyeri saat menyusui. Cukup basahi dengan air saat Anda mandi.


5. Topless
Anda akan lebih nyaman jika tidak mengenakan bra di awal-awal masa menyusui, untuk mengeringkan puting setelah menyusui.


6. ASI
Ada kandungan anti bakteri dalam ASI lho, Moms. Aplikasikan pada puting yang pecah untuk melembabkannya, agar lebih cepat sembuh. Happy breastfeeding! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: menyusui,   tips,   puting,   lecet,   mastitis,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020