Mother&Baby Indonesia
Kakek Nenek yang Mengurus Cucu Berumur Lebih Panjang

Kakek Nenek yang Mengurus Cucu Berumur Lebih Panjang

 

Moms, meminta bantuan orang tua atau mertua untuk mengurus anak kadang memicu perdebatan. Banyak yang merasa bahwa orang tua dan mertua seharusnya tidak dibebani tugas mengurus anak karena sudah berusia lanjut. Namun, sebuah studi ternyata mengungkapkan bahwa kakek dan nenek yang membantu mengurus cucu, hidup lebih lama daripada yang tidak.

 



Penelitian ini melibatkan 500 manula berusia antara 70-103 tahun, dan bertujuan untuk melihat efek dari mengurus cucu pada manula. Dari partisipan tersebut, ada yang membantu mengurus cucu, ada yang tidak, dan ada pula yang tidak memiliki cucu tapi membantu mengurus anak-anak yang masih kerabatnya.

 



Hasilnya, separuh manula yang mengurus cucunya hidup 10 tahun setelah penelitian. Sementara itu, separuh manula yang tidak mengurus cucu, meninggal 5 tahun setelah penelitian. Hasil serupa juga terlihat pada manula yang tidak memiliki cucu. Manula yang mengurus anak-anak, hidup 3 tahun lebih lama dibanding yang tidak mengurus siapa-siapa.

 

Walaupun demikian, para peneliti mengingatkan orang tua untuk tidak mengartikan hasil penelitian ini secara harafiah. “Jangan menyalahartikan hal ini sebagai obat untuk hidup lebih lama. Ketika kakek nenek membantu mengurus anak dalam batasan yang moderat, memang ada efek positif pada kesehatan mereka. Namun, penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa jika mereka menghabiskan waktu terlalu banyak dalam mengasuh anak-anak, maka mereka akan stres dan ini berefek negatif pada kesehatan fisik dan mental,” ujar Ralph Hertwig, direktur Center for Adaptive Rationality di Max Planck Institute for Human Development, seperti dikutip dari Parents.com. (Nadia Sarasati/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   balita,   kakek,   nenek,   manula,