Mother&Baby Indonesia
Mengenal Generasi Si Kecil, Gen Z

Mengenal Generasi Si Kecil, Gen Z

 

Moms, pernahkah Anda mendengar tentang Generasi Z? Generasi ini lahir pada pertengahan 1990-an sampai 2010. Gen Z berbeda dengan generasi sebelumnya, terutama tentang hubungannya dengan gadget. Gen Z yang lahir pada era smartphone ini mungkin sudah berhubungan dengan gadget sejak dalam kandungan. Data dari Time menyebutkan bahwa 90 persen orang tua millenial menggunakan media sosial, 46 persen di antaranya mengunggah gambar Si Kecil sejak masih dalam kandungan. Apakah Anda termasuk dalam golongan Millenial Moms ini?

 



Baca juga: Apakah Anda Millenial Moms?

 

Menurut psikolog Rininta Meiyftanoria, M.Psi., Gen Z adalah digital native yang sejak lahir sudah terpapar teknologi. “Contoh mudahnya, bayi atau batita zaman sekarang, sudah terbiasa melakukan selfie dengan orang tuanya,” ujar Rininta. Selain itu, masih ada beberapa karakteristik Gen Z, seperti di bawah ini.



 

  • Mereka intensif berkomunikasi secara digital dan global.
  • Mereka dapat multitasking atau mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan.
  • Karena orang tua bekerja, banyak Gen Z yang dirawat oleh pengasuh atau dititipkan ke daycare.
  • 'Bersekolah' di usia dini, dimulai dari dititipkan di daycare pada usia sekitar 3 bulan dan masuk playgroup pada usia 3 tahun.
  • Mereka tidak mau berjuang lebih untuk mendapatkan sesuatu dan lebih ingin instan.
  • Fasilitas di rumah lengkap.

 

Lalu bagaimana cara membesarkan Gen Z dan mempersiapkannya untuk menghadapi kompetisi sengit di masa depan? Baca kelanjutannya di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Januari 2017! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)
 



Tags: karakter,   sifat,   info,   gen_z








Cover Januari - Februari 2020