Mother&Baby Indonesia
Waspadai Modus Kejahatan di Lingkungan Rumah

Waspadai Modus Kejahatan di Lingkungan Rumah

Teror kejahatan bisa terjadi di mana saja. Ancaman kejahatan tidak hanya terjadi di jalan ataupun angkutan umum. Bahkan, tempat tinggal kita dapat juga menjadi sasaran kejahatan, seperti yang baru-baru ini terjadi pada keluarga di Pulomas, Jakarta Timur. Kejadian tersebut tentu saja membuat orangtua merasa perlu meningkatkan keamanan di rumah. Ya, peristiwa tragis yang menjadi pemberitaan besar ini menjadi pembelajaran berharga buat kita dan keluarga.

 

Nah, apa saja yang perlu diantisipasi atau diperhatikan untuk mencegah terjadinya modus kejahatan di lingkungan rumah? Berikut di antaranya:



 

1. Pastikan Pintu, Jendela dan Pagar Terkunci
Pastikan pintu, jendela dan pagar dalam keadaan terkunci. Terutama pagar, sebagai garda terdepan rumah kita. Bila perlu, Anda meningkatkan keamanan dengan menggembok pagar. Bahkan, bila memungkinkan, Anda bisa memasang fasilitas CCTV untuk memantau hal-hal yang mencurigakan di area depan rumah.  Satu hal yang penting juga, walaupun Anda dan keluarga berada di dalam rumah, tetaplah mengunci pagar. kenapa?  Agar orang yang ingin bertamu  tidak dapat masuk langsung ke dalam rumah.

 

2. Minta Identitas Tamu
Mintalah asisten rumah tangga untuk menanyakan identitas tamu yang berkunjung ke rumah, seperti, namanya siapa, ingin bertemu siapa dan apa keperluannya, apakah ia sudah janji untuk bertemu dan sebagainya. Pastikan tamu tersebut menyebutkan nama orang yang ingin ditemui. Sebaiknya jangan mempersilahkan sebelum diizinkan masuk oleh  Anda atau anggota keluarga Anda. Terlebih bila orang atau tamu tersebut tidak dikenali atau tidak ada janji bertemu dengan Anda dan keluarga.



 

3. Pasang Alarm
Bila perlu, pasang alarm gawat darurat. Dalam kondisi darurat, alarm ini sangat berguna. Kemudian, catat dan simpan nomor telepon para petugas keamanan sekitar rumah yang dapat langsung dihubungi bila keadaan darurat .

 

4. Tidak Mudah Percaya pada Orang Lain
Pastikan asisten rumah tangga dan anggota keluarga tidak mudah percaya kepada orang asing yang tiba-tiba datang dan meminta izin mengambil mobil ataupun barang elektronik di rumah. Segala sesuatu harus dikonfirmasi terlebih dahulu. Jangan-jangan hal itu hanya modus para pelaku kejahatan. Apalagi orang asing itu datang ke rumah di saat Anda sedang tak ada di rumah. Maka selalu waspada ya, Moms! (Seva/HH/Dok. Freepik)



Tags: rumah,   perampok,   pulomas,   kejahatan








Cover Januari - Februari 2020