Mother&Baby Indonesia
5 Trik Jitu Agar Si Kecil Gemar Membaca Buku

5 Trik Jitu Agar Si Kecil Gemar Membaca Buku

Melatih Si Kecil gemar membaca buku memang tidaklah mudah. Ditambah lagi, sekarang Si Kecil bisa dengan mudah mengakses sosial media melalui gadgetnya. Padahal, membiasakannya membaca buku, dapat menambah pengetahuan dan mengasah imajinasi anak. Maka, Anda memerlukan trik khusus agar anak gemar membaca buku. Yuk, ikuti 5 trik jitu berikut ini.

 

1. Menjadi Role Model
"Ketika Anda tumbuh dikelilingi oleh junk food, Anda suka junk food. Ketika Anda tumbuh dikelilingi oleh buku, Anda menyukai buku,” ujar Shanna Schwartz, dari Columbia University Teachers College Reading and Writing Project di New York City. Jadi bila ingin Si Kecil gemar membaca buku, ia harus dikelilingi dengan orang-orang yang gemar membaca buku. Jadikan buku sebagai permainan yang mengasyikkan.



 

2. Siapkan Waktu dan Tempat Khusus
Bila weekend tiba, ajak Si Kecil bermain piknik di pekarangan rumah dengan berbagai camilan dan minuman kesukaan, dan tak lupa juga membawa buku yang menarik. Ajak Si Kecil membaca buku bersama di pekarangan rumah tersebut. Menciptakan waktu dan tempat yang spesial dapat membantu Si Kecil gemar membaca buku.

 

3. Jadikan Pengalaman yang Tidak Terlupakan
Bila Si Kecil menyukai buku mengenai binatang dan sering membacanya, ajaklah ke Taman Safari. Biarkan Si Kecil melihat binatang secara langsung. Bila perlu, Anda dapat menanyakan itu binatang apa, makanannya apa, dan lain-lain agar Si Kecil dapat melatih ingatannya.



 

4. Majalah
Membaca tidak hanya buku cerita, Anda juga dapat membawakan majalah khusus anak untuk Si Kecil sebagai alternatif agar Si Kecil tidak bosan. “Majalah membantu Si Kecil mengetahui informasi yang terjadi saat ini,” ujar Shanna Schwartz. Majalah mengenai flora dan fauna juga dapat dijadikan bacaan seru untuk Si Kecil lho, moms!

 

5. Memasak
Kegiatan memasak dapat dijadikan sarana untuk membaca. Mintalah Si Kecil membaca buku resep secara berulang dan keras agar Si Kecil juga mengerti arti dari yang ia baca. (Seva/TW/Dok. Freepik)



Tags: buku,   pengetahuan,   anak,   balita,   aktivitas