Mother&Baby Indonesia
Tingkatkan Bonding dengan Olahraga Bersama Anak

Tingkatkan Bonding dengan Olahraga Bersama Anak

 

Ada yang mengatakan, anak adalah peniru yang ulung. Ya, Si Kecil demikian ahli meniru perilaku dan polah orang tuanya. Ia melihat dan memerhatikan apa yang dilakukan orang tuanya. Jangan heran kalau Si Kecil dinilai bagaikan miniatur dari orang tuanya.

 



Nah, menurut studi baru yang dilakukan para peneliti di Vanderbilt University Medical Center, anak balita selalu mengikuti perilaku orang tuanya, bahkan ketika sang orang tua sedang olahraga atau duduk di sofa yang empuk. 

 

Kemudian, American Journal of Preventive Medicine melakukan penelitian yang diikuti lebih dari 1.000 pasangan orang tua dan anak yang dilacak aktivitasnya selama 12 jam sehari, selama satu minggu. Hasilnya, ditemukan bahwa  ada hubungan yang kuat antara orang tua dan perilaku menetap anak.



 

Banyak orang tua tidak menyadari berapa banyak tingkat aktivitas mereka memengaruhi buah hatinya. Peneliti berharap dengan adanya hasil riset  ini, para orang tua akan lebih banyak melakukan aktivitas fisik agar Si Kecil dapat meniru mereka. Selain bonding dengan anak, keluarga pun menjadi sehat dan bugar. Bahkan, angka kegemukan pada anak akan menurun.

 

"Kabar baiknya adalah bahwa peningkatan aktivitas fisik tidak hanya baik untuk kesehatan orangtua. Itu juga membantu mengatur perilaku ini pada anak-anak mereka juga," kata pemimpin penelitian Dr Shari Barkin, direktur Pediatric Obesity Research di Monroe Carell Jr. Children's Hospital. (Seva/HH/Dok. M&B UK)



Tags: olahraga,   aktivitas,   balita








Cover Januari - Februari 2020