Mother&Baby Indonesia
Riset: Efek Positif Dampingi Anak Nonton TV

Riset: Efek Positif Dampingi Anak Nonton TV

Tak dipungkiri, sekarang ini begitu banyak tayangan film untuk anak-anak di televisi. Baik itu berupa film kartun atau animasi. Anak bisa memilih tayangan favoritnya dari beragam channel televisi di rumah.

 

Bagaimana dengan buah hati Anda  di rumah, apakah ia senang nonton televisi juga? Tentunya Moms perlu mendampingi atau  menemani Si Kecil saat menonton film kegemarannya. Perlu Moms tahu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendampingi Si Kecil menonton TV dapat meningkatkan pembelajarannya. Artinya, anak dapat memetik manfaat positif dari tayangan televisi tersebut.



 

Studi yang dilakukan Texas Tech University menemukan bahwa ketika orangtua mendampingi Si Kecil untuk menonton TV, anak akan mendapat lebih banyak pembelajaran. Adalah Eric Rasmussen dan Justin Keene dari the University's College of Media & Communication yang menemukan adanya perubahan fisiologis pada anak ketika orangtua mendampinginya menonton TV.

 

"Jika orangtua menonton televisi dengan anak-anaknya, mereka akan belajar banyak hal, apakah itu soal pertemanan, petualangan, bahasa, dan sebagainya. Orangtua seharusnya  menyadari pengaruh televisi ini," ujar  Eric Rasmussen yang dikutip melalui Parents.com. “Masuk akal bila anak-anak tertarik menonton televisi. Kegiatan ini sangat dinikmati anak, apalagi bila didampingi atau ditemani orangtuanya, ” tambahnya lagi.



 

Saat menonton televisi dengan anak, Moms dapat berinteraksi dan menjalin komunikasi. Misalnya, Moms dapat bertanya pada  Si Kecil tentang film apa yang ditontonnya, bagaimana pendapatnya tentang tayangan tersebut dan sebagainya. Intinya, Anda membuka percakapan yang memancing Si Kecil untuk mengobrol dan menjelaskan lebih banyak tentang apa yang ditontonnya.

 

Anda juga sebaiknya memilihkan acara yang cocok untuk Si Kecil dan sesuaikan dengan usianya. Jangan lupa Moms, untuk membatasi durasi menonton dan jarak pandang agar tidak merusak mata Si Kecil. Nah, yuk menemani Si Kecil menonton TV! (Seva/HH/Dok. freepik)


 



Tags: tv,   menonton,   balita,   toddler








Cover Maret 2020