Mother&Baby Indonesia
Bila Si Kecil Tantrum Sebelum Tidur

Bila Si Kecil Tantrum Sebelum Tidur

Masalah tidur ternyata tidak hanya dialami oleh bayi. Menginjak usia balita, terkadang Si Kecil masih mengalami gangguan tidur, salah satunya adalah bedtime tantrum.

 

Bedtime tantrum memang bukan hal yang biasa terjadi pada balita, namun keadaan ini terkadang dialami Si Kecil ketika ia sudah terlalu asik bermain atau merasa sudah terlalu lelah bermain namun tetap tidak ingin beranjak tidur. Anda tidak perlu khawatir bila Si Kecil tiba-tiba tantrum ketika Anda mengajaknya tidur, karena dia bisa mengatasinya dengan tips berikut ini:



 

1. Mengingatkan
“Anda dapat memberi peringatan secara lisan bahwa waktu untuk bermain telah usai,” ujar Vicki Dawson, pendiri The Children Sleep Charity. Kegiatan tersebut dapat menyadarkan Si Kecil untuk berhenti bermain dan mulai melakukan beberapa rutinitas sebelum tidur. Anda juga dapat membuat daftar kegiatan setiap harinya disertai dengan waktu, sehingga Si Kecil secara perlahan akan mengetahui jam berapa ia tidur di malam hari.

 



2. Rutinitas
Buatlah rutinitas sebelum tidur seperti membacakan dongeng, atau mendengarkan musik kesukaannya. Bila Anda melakukannya setiap hari sebelum tidur, Si Kecil akan mengetahui sinyal tidurnya. Menggosok gigi juga dapat Anda lakukan sebagai tanda bahwa Si Kecil akan mendapatkan waktu istirahat panjangnya.

 

3. Tetap Tenang
“Menjelang malam, Anda dapat mengajaknya mandi bersama dan memijat tubuhnya agar ia merasa relaks setelah bermain sepanjang hari,” ujar Vicki. Sebaiknya Anda juga tetap tenang ketika Si Kecil mulai susah diajak tidur, berikan pengertian bahwa kegiatan bermian usai dan dapat dilanjutkan esok hari. Hindari memarahi Si Kecil karena akan membuatnya semakin menangis atau menjerit yang membuat suasana semakin tidak nyaman. (Seva/TW/Dok. M&B UK)



Tags: depresi,   tantrum,   marah,   toddler,   anak,   emosi,   tidur








Cover Januari - Februari 2020