Mother&Baby Indonesia
3 Manfaat Ajari Anak Pekerjaan Rumah Tangga

3 Manfaat Ajari Anak Pekerjaan Rumah Tangga

Anda memiliki banyak hal yang harus dibereskan di rumah, tapi Si Kecil merengek minta ditemani bermain. Tenang saja, Moms. Kedua hal tersebut bisa dilakukan bersamaan, lho!

 

“Bahkan hal-hal kecil dapat menjadi hal yang menyenangkan bagi anak, asalkan Anda juga ikut menikmatinya,” ujar Dr. Rebecca Chicot, co-founder Essential Parent Company, seperti dikutip dari Mother&Baby UK.



 

Tentu saja Anda tidak bisa mengharapkan Si Kecil yang masih balita dapat betul-betul membantu Anda. Namun, ia bisa menghabiskan waktu bersama Anda dan Andapun dapat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Selain itu, mengajari Si Kecil melakukan pekerjaan rumah tangga dapat memberinya beberapa manfaat lho, Moms.

 



1. Kemampuan Berpikir
Mengajari Si Kecil melipat pakaian dapat menjadi ajang belajar baginya. “Hal seperti ini membuatnya berpikir cara menyelesaikan masalah, karena ia melihat cara Anda menyelesaikannya,” ujar Rebecca. Anda juga dapat mengisi sesi melipat pakaian dengan mengenalkan tentang warna dan ukuran.


2. Mood Booster
Menghabiskan waktu bersama Anda akan membuat mood Si Kecil tetap baik dan bahagia. “Balita mendapatkan energi dan kebahagiaan dengan cara berinteraksi dengan orang lain. Mereka mudah merasa kesepian,” kata Rebecca. Jadi jangan lupa bermain dengannya di antara tugas-tugas rumah tangga ya, Moms.


3. Kemampuan Berkomunikasi
Ketika mengajari Si Kecil untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, maka Anda perlu berbicara padanya. Ini adalah cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak dan kemampuannya berkomunikasi dengan orang lain. “Konsep mengenai kerja sama dan berbagi juga dikenalkan secara alami lewat cara ini,” jelas Rebecca. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga sambil bermain dengan anak? Siapa takut! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   membantu,   manfaat,   aktivitas,   anak,   balita,   ibu








Cover Januari - Februari 2020