Mother&Baby Indonesia
Tahapan Anak Berbicara Sesuai Usia

Tahapan Anak Berbicara Sesuai Usia

Mendengar kata-kata pertama Si Kecil pasti menjadi salah satu momen bahagia bagi Anda sekeluarga. Walau Anda ingin cepat-cepat mendengar Si Kecil lancar berbicara, namun perkembangan kecerdasan berbicara itu tidak bisa diburu-buru karena merupakan milestone tersendiri bagi anak. Nah, untuk mengetahui apakah milestone Si Kecil sudah tercapai, simak penjelasan berikut ini, yuk!

 

1. Berinteraksi
Menurut Katrina Zeit, seorang ahli patologi dari Cincinnati Children's Hospital Medical Center, interaksi sosial adalah dasar dari perkembangan bahasa. "Jika anak Anda tidak memperhatikan orang lain, menanggapi suara, musik, game, atau mainan bergerak, itu bisa menjadi tanda peringatan dari kemungkinan keterlambatan bicara,” ujar Katrina.



 

2. Mengoceh
Menurut Suzanne Bonifert, kepala patologi di UT Dallas Callier Center for Communication Disorders, bayi usia antara 4 dan 6 bulan, akan menunjukkan peningkatan mengoceh dan beberapa vokalisasi. “Bayi akan mulai membuat beberapa suara vokal, dan mendekati usia 6 bulan, dia akan mulai menyusun beberapa konsonan dan vokal," ujar  Suzanne.

 

3. Mengenali Namanya
Pada usia antara 6-9 bulan, ia sudah dapat menoleh ketika dipanggil dengan namanya. Itulah mengapa sangat penting bagi orang tua untuk selalu mengajak Si Kecil berbicara sebanyak mungkin. Penelitian menunjukan bahwa orang tua yang sering mengajak berbicara kepada anaknya akan membuat Si Kecil dapat mengembangkan keterampilan bahasa lebih cepat.

 

4. Kata Pertama
Menginjak usia 12 bulan, Si Kecil dapat memulai kata pertamanya seperti “mama”, “papa” atau “dada”. Anda dapat membantu meningkatkan kosakata dengan membaca buku dan hanya berbicara dengan bayi Anda tentang apa yang Anda lakukan dalam tugas sehari-hari. Ucapkan dengan jelas, dan tidak terlalu cepat, agar Si Kecil mudah meniru apa yang Anda katakan.



 

5. Gestur
Diusia 12 bulan, ia juga dapat dilatih dengan “bye bye” sambil melambaikan tangan ketika berpisah dengan teman. Anda juga dapat mengajarkan sambil memberi tahu gestur yang harus dilakukan. Anda juga dapat memintanya menyuapi makanan, membolak-balik buku cerita kesukaannya, dan lain-lain.

 

6. Mengikuti Perintah
Antara usia 12-18 bulan, Si Kecil sudah benar-benar mengerti ketika Anda memanggil namanya, mengucapkan selamat tinggal atau menunjukan kepala, mata dan lain-lain. Anda dapat mengajaknya bermain “kepala, pundak, lutut kaki” berulang-ulang sambil menunjukan letak kepala dan pundak, agar Si Kecil mudah memahami di mana letak bagian tubuhnya.

 

7. Mengucapkan 2 Kata
"Seorang anak bisa berbicara setidaknya 50 kata ketika usia berusia 2 tahun. Selama waktu ini, ia akan mulai menempatkan dua kata bersama-sama, seperti 'Ibu pergi',” ujar Katrina. Anda dapat membantu Si Kecil berbicara dengan menggambarkan suatu benda, seperti kalimat “di mana bolanya kakak?” diganti dengan “di mana bola yang berwarna merah milik kakak?” (Seva/TW/Dok. Freepik)

 



Tags: bicara,   anaka,   balita,   milestone