Mother&Baby Indonesia
4 Kesalahan Orang Tua Saat Menjaga Anak

4 Kesalahan Orang Tua Saat Menjaga Anak

 

Semua orang tua pasti ingin bayinya aman dan nyaman. Hal itulah yang membuat para orang tua rela mengeluarkan kocek besar demi car seat terbaik yang nyaman untuk anak. Mereka juga memastikan tempat tidur Si Kecil aman dari mainan atau aksesoris yang berbahaya. Walau usaha Anda sudah maksimal, ternyata masih banyak orangtua yang tanpa sadar membahayakan keselamatan Si Kecil lho, Moms! Berikut kesalahan-kesalahan yang dapat membuat Si Kecil berisiko terluka, dilansir dari Parents.com.

 



1. Tidur di Car Seat dan Bouncer

Sangat umum bagi Si Kecil untuk tertidur di car seat atau bouncer. Dengan alasan tidak ingin membuatnya terbangun, banyak orang tua yang memilih membiarkan Si Kecil terlelap. Padahal, saat anak tertidur di car seat, kepalanya akan jatuh ke depan dan berisiko membuat anak sulit bernafas. Lebih baik Anda segera memindahkan Si Kecil ke boksnya agar lebih aman.

 

2. Jarang Menggunakan Fungsi Brake Pada Stroller

Saat stroller dalam keadaan diam, Anda harus menggunakan fungsi brake (rem), agar stroller tidak bergerak. Sayangnya banyak orang tua yang tidak menggunakannya karena melihat stroller sudah diam. Walaupun stroller tidak bergerak tanpa perlu menggunakan brake, banyak hal lain yang dapat mendorong stroller tersebut. Misalnya ketika ada orang yang tidak sengaja menabrak stroller Anda.



 

3. Menggunakan Bantal Pada Car Seat

Jangan menggunakan sembarang bantal atau head support pada car seat Si Kecil. Gunakan saja head support yang sudah disediakan oleh car seat tersebut, karena sudah melewati beragam tes untuk memastikan keamanan Si Kecil.

 

4. Menutupi Stroller

Karena takut Si Kecil kedinginan, para ibu memilih untuk menutupi stroller dengan selimut. Hal ini justru dapat membuat suhu terlalu panas dan meningkatkan risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Penelitian juga sudah membuktikan tentang bahaya menutupi stroller Anda. Jika Anda khawatir Si Kecil kedinginan atau kepanasan, cukup gunakan kanopi stroller saja ya, Moms. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: safety,   keselamatan,   bayi,   tips,   info










Cover Mei-Juni-Juli 2020