Mother&Baby Indonesia
5 Nutrisi yang Dibutuhkan Pada Masa MPASI

5 Nutrisi yang Dibutuhkan Pada Masa MPASI

 


Selama 6 bulan pertama, ASI atau susu formula sudah memberikan semua nutrisi yang bayi butuhkan. Setelah usianya sudah lebih dari 6 bulan, Si Kecil diharuskan mulai mendapatkan makanan pendamping, yang biasa disebut dengan MPASI (makanan pendamping ASI). Nutrisi apa saja yang sebaiknya ada dalam makanannya? Ini 5 nutrisi yang dibutuhkan anak pada masa MPASI.

 



1. Zat Besi
Mineral ini tidak hanya memainkan peran penting dalam produksi hemoglobin, tetapi zat besi juga membantu perkembangan otak - termasuk keterampilan motorik dan memori. Pastikan Si Kecil mendapatkan 11 miligram/hari makanan yang mengandung zat besi seperti, daging, ayam, ikan, telur, alpukat, brokoli, dan bayam.

 

2. Zinc
Zinc adalah salah satu bahan bakar produksi sel darah putih untuk melawan infeksi, zinc juga memastikan sel-sel tubuh tumbuh dan memperbaiki diri dengan baik. Sama seperti zat besi, zinc juga terdapat dalam daging serta unggas seperti ayam.

 



3. Kalsium dan Vitamin D
Kalsium berfungsi untuk perkembangan tulang yang kuat pada Si Kecil. Sedangkan Vitamin D menjaga kekebalan tubuh. Selain ASI atau susu formula, Anda dapat memberikan yoghurt, kuning telur, dan ikan.

 

4. Omega 3
Pada tahap awal kehidupan, omega-3, khususnya jenis yang dikenal sebagai DHA, memainkan peran terbesar dalam perkembangan otak dan mata. Melalui ASI, Si Kecil sudah mendapatkan omega-3, namun Anda juga dapat menambahkan alpukat dan ikan salmon di masa MPASI ini.

 

5. Vitamin A, B, C dan E
Keempat vitamin di atas sangat diperlukan dalam tubuh Si Kecil, seperti perkembangan  otak dan saraf, membuat kulit lembut, serta berfungsi untuk kekebalan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan anak akan vitamin A, wortel dan ubi jalar adalah contoh sumber yang tepat. Vitamin B bisa diperoleh dari sayuran hijau, pisang, dan kacang-kacangan. Untuk vitamin C, Moms bisa memberikan tomat, stroberi, dan melon. Sedangkan sereal dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang baik. Selamat berkreasi dengan menu MPASI yang tepat, Moms! (Seva/TW/Dok. M&B UK)



Tags: mpasi,   makan,   bayi,   nutrisi,   kesehatan