Mother&Baby Indonesia
Mengapa Bantal U Tidak Disarankan untuk Newborn?

Mengapa Bantal U Tidak Disarankan untuk Newborn?

 

Banyak orangtua menggunakan bantal 'U' untuk membuat kepala Si Kecil bulat sempurna. Faktanya, anggapan tersebut belum bisa dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Sebaliknya, bantal ini berisiko menyebabkan SIDS (Sudden Infatn Death Syndrom) atau yang dikenal dengan kematian mendadak.

 



Kematian ini bisa terjadi, karena leher bayi baru lahir belum mampu menopang berat kepala. Ia akan kesulitan membalikkan posisi, bila kepalanya terjebak dan saluran pernapasannya tertutup oleh bantal. Si Kecil yang terhimpit, akan kekurangan oksigen karena terhirupnya kembali karbondioksida yang dihembuskan. Inilah yang menyebabkan Si Kecil kehabisan nafas, hingga dapat berujung kematian.



 

Untuk itu, Moms sebaiknya tidak memberikan bantal U untuk Si Kecil. Selain itu, Moms juga perlu memastikan lingkungan tidur anak sudah aman dari SIDS karena risiko itu tidak hanya disebabkan oleh bantal U lho, Moms. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, SIDS juga disebabkan oleh kejadian terbekap, terperangkap, infeksi, penyakit metabolik, gangguan irama jantung, dan trauma. (Claudia Carla/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   kesehatan,   tidur,   bantal








Cover Maret 2020