Mother&Baby Indonesia
Benarkah Mengejan saat Melahirkan Merusak Syaraf Mata?

Benarkah Mengejan saat Melahirkan Merusak Syaraf Mata?

Sebagian orang berpendapat bahwa saat mengejan pada persalinan normal, Moms akan berisiko mengalami kerusakan syaraf mata. Benarkah?

 

Mungkin pada beberapa kasus, hal ini bisa saja terjadi. Seperti yang dituturkan dr. Ferdiriva Hamzah, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, tidak semua ibu mengalami kerusakan syaraf mata saat bersalin normal. Menurutnya, kerusakan syaraf mata dapat terjadi pada siapapun, terutama bagi yang memiliki minus mata tinggi di atas 3.



 

Sebagai contoh, beberapa pasien dr. Ferdiriva ada yang mengalami kerusakan syaraf mata saat bangun tidur, dan setelah mengucek-ngucek mata. Selain itu, ia pernah menemukan ibu yang telah mengalami kerusakan syaraf mata sejak hamil dan pasca melahirkan kerusakan tersebut tidak bertambah.



 

Untuk mencegahnya, Moms harus memelajari cara mengejan yang benar. Pembuluh-pembuluh darah pada mata sangat halus, tipis, dan kecil. Pembuluh darah mata itu mudah pecah jika ada tekanan yang cukup kuat, seperti saat Moms mengejan dengan cara yang tidak sesuai anjuran dokter. Oleh karena itu, ada baiknya Moms mengikuti kelas persiapan melahirkan untuk meguasai teknik mengejan yang benar. (Meiskhe/TW/dok.M&B UK)



Tags: persalinan,   normal,   mengejan,   syaraf,   mata










Cover Mei-Juni-Juli 2020