Mother&Baby Indonesia
Cara Alami Redakan Morning Sickness

Cara Alami Redakan Morning Sickness

 

Sekitar 3 dari 4 ibu hamil mengalami mual dan muntah (juga dikenal sebagai morning sickness) selama masa kehamilan. Kalau Moms mengalami hal tersebut, jangan panik dulu. Moms tidak sendirian. Kabar baiknya, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk meredakan morning sickness itu.

 



1. Cukup makan dan minum

Pilih makanan yang mudah dicerna. Moms juga bisa menggabungkan makanan kaya protein dengan karbohidrat, seperti segelas susu hangat dengan biskuit. Untuk minum, dianjurkan dikonsumsi di antara waktu makan. Kalau terasa mual, cobalah untuk minum air dingin atau air rebusan jahe.

 

2. Sediakan permen peppermint

Saat mual menyerang, Moms bisa mengulum permen rasa peppermint atau asam. Rasa tersebut bisa membantu mengurangi gejala mual.

 

3. Simpan jahe

Gingerol yang terkandung dalam jahe mengandung bahan anti-inflamasi yang bisa membantu menetralisir asam lambung. American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan calon ibu yang mual untuk mengonsumsi 250 mg jahe setiap pagi ditambah 1 kapsul lagi sebelum tidur.

 



Cara lain, Moms juga bisa memasukkan jahe segar ke dalam santapan sehari-hari, seperti sup maupun saus salad. Selain itu, air dari rebusan jahe segar juga dapat membantu meredakan mual.

 

4. Asup vitamin B6

Biasanya vitamin B6 sudah tersedia dalam vitamin prenatal, tetapi Moms bisa menanyakan kepada dokter untuk tambahan suplemen atau menggantinya dengan dosis yang lebih tinggi, mengingat vitamin B6 dapat membantu mengurangi mual di awal kehamilan.

 

5. Cek akupunturis prenatal

Sejumlah studi menunjukkan akupresur yang menargetkan bagian dalam pergelangan tangan dapat mengurangi morning sickness secara efektif. Hanya pastikan Moms menemui praktisi terlatih yang memang berpengalaman menangani wanita hamil, karena sejumlah titik (terutama pada kaki) bisa menyebabkan kontraksi rahim dan menyebabkan persalinan.

 

6. Gunakan aromatherapy

Indra perasa juga dipengaruhi oleh bau. Karenanya, aroma yang aman bagi ibu hamil, seperti mint, lemon, dan jahe, yang dapat meredakan gejala mual saat dimakan, juga efektif saat aromanya dihirup. (Dee/OCH/Dok. M&B UK)



Tags: mual,   muntah,   kehamilan,   morning_sickness