Mother&Baby Indonesia
4 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil

4 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil

Saat ini sedang marak ibu hamil yang berolahraga. Salah satu contoh adalah presenter Nadia Mulya yang masih melakukan aktivitas angkat beban saat hamil beberapa waktu yang lalu.

 

“Dulu, dokter justru menganjurkan wanita hamil untuk banyak istirahat. Namun sekarang kami tahu saran ini tidak tepat karena dapat mengarah ke kelebihan berat badan dan beberapa komplikasi lain,” ujar Raul Artal, M.D., profesor dan ketua departemen obstetri, ginekologi, dan kesehatan wanita di St. louise Univesity, School of Medicine.

 



Sementara itu, pakar fitnes dan penulis buku Fit and Healthy Pregnancy: How to Stay Strong and in Shape for You and Your Baby, Kristina Pinto, mengatakan bahwa olahraga saat hamil dapat mengurangi risiko depresi pasca melahirkan.

 

Tapi, tentu saja tidak semua olahraga aman untuk Anda yang sedang hamil. Nah, kalau ibu hamil ingin tetap berolahraga agar bugar selalu, 4 jenis olahraga ini aman untuk Anda coba:

 

1. Berenang

Olahraga ini tidak memberi tekanan pada sendi dan ligamen ibu hamil. Berada dalam air juga dapat membantu ibu hamil merasa lebih ringan saat berolahraga.

 



2. Yoga

Dengan melakukan yoga, ibu hamil akan lebih relaks dan tubuh akan lebih lentur. Apalagi saat ini banyak pilihan yoga khusus ibu hamil.

 

3. Pilates

Mirip dengan yoga, pilates membantu melatih otot Anda sambil menyelaraskan pernapasan dan gerakan tubuh. Tetapi hindari gerakan yang terlalu ekstrim ya, Moms! Lakukan gerakan-gerakan yang membuat Anda nyaman. Diskusikan modifikasi gerakan dengan instruktur Anda.

 

4. Spinning

Ini adalah pilihan olahraga yang dapat Anda atur tingkat kesulitannya. Namun, perlu diingat bahwa dehihdrasi dapat memicu kelahiran prematur. Jadi, pastikan ibu hamil tidak terlalu lelah dan jangan sampai Anda dehidrasi. Lakukan semampu Anda saja.

 

Walau 4 olahraga itu aman untuk ibu hamil, namun tentunya kondisi tiap kehamilan berbeda-beda. Pada dasarnya, jika Anda sudah rutin berolahraga sebelum hamil, maka Anda dapat melakukan olahraga tersebut saat hamil. Namun sebelumnya, pastikan dokter Anda sudah menyetujui olahraga yang Anda inginkan ya, Moms! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: olahraga,   hamil,   bumil,   tips,   info,   ibu_hamil










Cover April 2020