Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 16 September 2016 / Redaksi

Makanan yang Baik dan Pantang Dikonsumsi saat Hamil

Selain menyenangkan, masa-masa kehamilan juga bisa membingungkan lho, Moms. Terutama, jika itu berkaitan dengan makanan dan minuman yang boleh atau tidak dikonsumsi selama kehamilan. Tidak sedikit bumil yang kurang percaya kalau makanan seperti sashimi, sushi, dan salad tidak boleh dikonsumsi saat hamil.

 

Benarkah semua makanan mentah atau kurang matang itu dapat membahayakan kehamilan? Yuk, simak fakta dari menu yang boleh dan dilarang dikonsumsi saat hamil.



 

Pantang Dikonsumsi

Daging kurang matang, salad, sayur yang tidak dicuci, soft cheese, serta telur mentah bisa menyebabkan terjadinya infeksi dan mengganggu tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, bumil dianjurkan untuk mencuci bahan masakan hingga bersih dan memasaknya hingga benar-benar matang. Jadi jika Moms suka mengonsumsi telur mentah atau setengah matang, sebaiknya ganti dengan telur yang matang, ya.

 

Kenapa harus begitu? Karena Semua makanan kurang matang atau bahkan mentah itu dapat mengandung bakteri listeria monocytogenes. Bakteri itu bisa membuat bumil terkena listeriosis yang berbahaya bagi janin. Menurut Kemenkes RI, bakteri ini dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Baca juga artikel Boleh Tidak Ibu Hamil Makan Ikan? ya, Moms.



 

Baik Dikonsumsi

Oily fish atau ikan berminyak seperti salmon dan makarel, dipercaya bermanfaat untuk kehamilan. Bahkan sebuah studi oleh Universitas Southampton menemukan jika anak yang ibunya rutin mengonsumsi salmon selama hamil, lebih jarang menderita asma. Baca juga artikel Makanan Sehat saat Hamil untuk mendapatkan panduan makanan ramah bumil.

 

Namun, hati-hati, lebih baik batasi konsumsi ikan 2 kali seminggu, karena ikan bisa tercemar oleh merkuri dan mengandung polutan. Selain itu, tahan diri untuk mengonsumsi sushi ya Moms. Ikan mentah biasanya membawa parasit kecil yang bisa membayakan kehamilan Anda. Semoga bermanfaat! (Meiskhe/TW/dok.M&B UK)

 

 


RELATED ARTICLE

Pregnancy Bucket List

Atasi Jerawat saat Hamil

Boleh Tidak Ibu Hamil Makan Ikan?

OTHER ARTICLES

Nama Anak bisa Pengaruhi Kreativitas & Percaya Dirinya

Sebaiknya Waspada! Ini Bahaya Kabut Asap buat Ibu Hamil

Mata Balita Minus? Ini Penyebabnya, Moms

Nyeri saat Menyusui? Ketahui 7 Fakta Mastitis, Moms!

Teori-teori Tentang Parenting yang Tidak Ada di Buku