Mother&Baby Indonesia
Amankah Terus-menerus Memberikan Si Kecil yang Terbaik?

Amankah Terus-menerus Memberikan Si Kecil yang Terbaik?

Orang tua manapun pasti selalu ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Namun, ternyata tidak selamanya hal itu baik. Menurut psikolog anak Rosdiana Setyaningrum, M. Psi, M. HPEd, jika orang tua selalu memberikan fasilitas dan dukungan terbaik, atau bahkan berlebih, Si Kecil dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang idealis dengan pola pikir mudah menyerah.

 

Hal ini mungkin saja Anda lakukan tanpa disadari, karena bermula dari hal-hal kecil seperti membantu mengerjakan PR atau memanggilnya dengan sebutan prince atau princess. Dengan fasilitas dan dukungan yang selalu mempermudah hidupnya, Si Kecil akan merasa dirinya sangat penting dan merasa wajar mendapatkan kemudahan-kemudahan tersebut.



 

Akibatnya, jika Si Kecil nanti menghadapi kesulitan, ia akan menyalahkan orang lain, stres, hingga depresi. Oleh karena itu, penting bagi Si Kecil untuk belajar beradaptasi, karena saat ia dewasa nanti, tentu ia tidak bisa selalu mendapatkan lingkungan yang ideal.



 

Lalu bagaimana caranya agar Si Kecil tidak tumbuh menjadi anak yang idealis? Baca kelanjutannya di Majalah Mother & Baby Indonesia Edisi September 2016 ya, Moms! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: idealis,   balita,   anak








Cover Maret 2020