Mother&Baby Indonesia
5 Makanan agar Moms Kenyang Lebih Lama

5 Makanan agar Moms Kenyang Lebih Lama

Ketika Moms mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda pasti memulainya dengan mengurangi porsi makanan. Padahal, cara tersebut justru membuat Anda merasa lapar sepanjang hari. Nah, daripada Anda menahan lapar dan akhirnya jatuh sakit, maka lebih baik ganti menu makanan Anda. Berikut beberapa bahan makanan yang mampu menekan nafsu makan secara alami ini:


1. Telur
Penelitian dari Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, LA, menemukan bahwa orang yang memakan telur saat sarapan akan merasa kenyang lebih lama daripada orang yang tidak makan telur. “Telur adalah kombinasi sempurna yang terdiri dari protein dan lemak. Sehingga makan telur lebih memuaskan daripada menu makanan sarapan lain," kata Julie Kaye, MPH, RD, CDN, ahli diet di New York City.

 



Namun jika Moms takut mengonsumsi telur karena kolesterol yang tinggi, maka Anda dapat makan bagian putihnya saja. Cara itu tetap efektif membuat Moms merasa kenyang lebih lama, kok.

 

2. Alpukat
Alpukat tinggi akan serat dan mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk jantung Anda. “Makanan tinggi serat dan kaya lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, memungkinkan Anda untuk jarang merasa lapar setelah mengonsumsi buah ini,” ujar Erin Palinski, RD, CDE, LDN, CPT, penulis buku Belly Fat Diet for Dummies. Penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleat yang terkandung dalam alpukat dapat memerintahkan otak Anda untuk merasakan kenyang.

 



3. Air
Menurut Elizabeth DeRobertis, pakar diet asal New York, air sangat penting bagi tubuh Anda. Air penting untuk menjaga organ, sendi, jaringan, dan sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Penelitian juga menunjukan orang yang minum 2 gelas air sebelum makan, memiliki 75-90 kalori lebih sedikit daripada orang yang tidak minum sama sekali.

 

4. Greek Yogurt
Greek yogurt kaya akan kalsium dan rendah lemak. Dalam satu porsi Greek yogurt beratnya mencapai 15 – 20 grams, dan bila Anda memakannya maka sama banyaknya seperti Anda makan sepotong daging. “Makanan kaya protein juga mengandung beberapa lemak dalam jumlah yang bervariasi, yang akan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu lebih lama,” ujar Julie Kaye.

 

5. Almond
Almond mengandung lemak yang baik untuk jantung. “Makan 15 biji kacang almond setelah makan siang dan sebelum makan malam, dapat membuat Anda mengurungkan niat untuk makan cemilan,” ujar Julie Kaye. Jadi kalau Anda butuh camilan di sore hari, sebaiknya Anda makan almond saja. (Seva/TW/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: diet,   food,   sehat,   kalori,