Mother&Baby Indonesia
4 Langkah Memilih Dokter Anak yang Tepat

4 Langkah Memilih Dokter Anak yang Tepat

Sebagai orang tua, Anda sebaiknya tidak asal dalam memilih dokter anak untuk Si Kecil. Dokter anak memang bisa ditemui di hampir semua rumah sakit, namun Anda harus tetap selektif agar Si Kecil nyaman, Anda juga tenang. Moms ingin memilih dokter anak? Berikut 4 langkah memilih dokter anak yang tepat:


1. Rekomendasi Teman
Sebuah Studi dari jurnal Pediatrics mengatakan, 20% ibu baru mengatakan mereka tidak menerima saran dari dokter mereka tentang cara menyusui atau menentukan posisi tidur bayi. Ini salah satu pertanda bahwa ibu baru belum menemukan dokter anak yang tepat bagi Si Kecil. Dalam pencarian dokter anak, Moms dapat meminta rekomendasi dari teman, kerabat, ataupun saudara. Pilihlah beberapa dokter untuk nantinya dapat Anda seleksi lagi.

 

2. Komunikatif
Saatnya Anda bertemu dengan beberapa calon dokter anak Anda. Ajaklah mengobrol dan berkonsultasi mengenai Si Kecil dan lihat reaksi dokter tersebut, apakah dokter tersebut menjelaskan dengan tepat atau hanya menjawab singkat saja. Anda memerlukan dokter yang informatif, ramah dan terbuka agar. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan Anda, mulai tumbuh kembang Si Kecil hingga penyakit.

 

3. Akses yang Mudah
Beri penilaian saat Anda bertemu dokter anak untuk menentukan yang paling tepat bagi Si Kecil. Anda juga dapat memperhatikan apakah dokter tersebut memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi saat keadaan darurat. Pertimbangkan juga panjangnya antrian, dan lokasi praktik. Sebaiknya Moms memilih yang lokasinya dekat dengan rumah Anda dan mudah diakses.


4. Sesuai dengan Harapan
Bila Anda sudah menemukan dokter yang tepat, pastikan itu sesuai dengan kenyamanan Si Kecil ya, Moms.  Kenyamanan dapat dilihat saat Si Kecil mendapat perawatannya, ruangan yang bersih, serta memberikan saran yang baik.

 

5. Sesuai Budget
Selain dokter yang ramah dan mudah untuk diakses, Anda juga harus mempertimbangkan bujet yang Anda miliki. Anda dapat memastikan dokter anak tersebut praktik di rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi Anda. (Seva/TW/Dok. M&B)



Tags: health,   dokter,   anak








Cover Maret 2020