Mother&Baby Indonesia
3 Cara Membantu Si Kecil Belajar Berjalan

3 Cara Membantu Si Kecil Belajar Berjalan

Dari sekian banyak milestone Si Kecil, berjalan mungkin akan menjadi tahap yang selalu Anda ingat. Pada umumnya anak akan mulai berjalan pada ulang tahun pertamanya. Namun tentunya tiap anak berbeda-beda, karena rentang waktu anak mulai berjalan adalah usia 9-18 bulan. Jadi jangan panik ketika Si Kecil belum berjalan saat ulang tahun pertamanya ya, Moms!

 

Bayi membutuhkan waktu latihan sekitar 1.000 jam untuk dapat berjalan dengan lancar. Beberapa bayi akan melalui tahapan merangkak, namun ada pula bayi yang langsung berdiri. Moms ingin membantunya lancar berjalan? Berikut 3 cara yang bisa Moms lakukan.



 

1. Si Kecil Bisa Duduk

Saat Si Kecil sudah bisa duduk, Anda dapat menaruh mainan di sampingnya agar ia berusaha menggapai mainan tersebut. Si Kecil akan melatih keseimbangannya untuk condong ke kanan dan kiri.

 

2. Si Kecil Bisa Berdiri



Anda dapat membantunya berjalan dengan memegang dua tangannya. Sesekali, lepaskan tangan Anda agar Si Kecil belajar menjaga keseimbangannya. Latihan lain adalah dengan cara berdiri di dekatnya sambil menyemangati Si Kecil ketika berdiri tanpa pegangan. Pujian dan sorakan berperan penting di sini, karena akan membuat Si Kecil semakin semangat untuk belajar berjalan.

 

3. Si Kecil Bisa Merambat

Ketika Si Kecil mulai merambat dari satu meja ke furnitur lain, sediakan 'jalur' dengan menaruh furnitur yang kuat menahan bebannya. Anda juga bisa duduk di depan Si Kecil dengan jarak 2-3 langkah dan memancingnya untuk berjalan beberapa langkah ke arah Anda.

 

Walaupun Anda sangat ingin Si Kecil berjalan, bersabarlah karena setiap anak berbeda. Yang dapat Anda lakukan adalah mendukungnya dan menyiapkan lingkungan yang aman untuk ia belajar. Jika saatnya tiba, Si Kecil akan berlarian di dalam rumah dengan penuh semangat. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: jalan,   balita,   toddler,   tips,   info,   cara








Cover Maret 2020