Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Cek Gula Darah Pasca-Melahirkan

Pentingnya Cek Gula Darah Pasca-Melahirkan

 

Moms, ternyata penting lho memeriksa kesehatan pasca-melahirkan, terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes. Dr. Emma Morton-Eggleston dari Harvard Pilgrim Health Care Institute, Boston, selaku kepala penelitian, mengatakan bahwa 3 dari 4 ibu yang mengidap diabetes selama masa kehamilan tidak check up kesehatan hingga setahun setelah melahirkan.

 



Peneliti mengatakan bahwa ibu hamil dengan riwayat diabetes memiliki risiko lebih tinggi (dapat mencapai 7 kali lipat) dan bisa mengidap diabetes seumur hidup. Peningkatan tertinggi terjadi dalam 10 tahun setelah masa kehamilan, walaupun pada beberapa kasus kehamilan dengan diabetes dapat sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun jika ibu yang mengalami diabetes hamil lagi, maka kehamilan kedua tentunya lebih berisiko mengalami komplikasi kehamilan yang berbahaya bagi ibu dan janin.

 

Oleh karena itu American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan ibu yang mengidap diabetes saat hamil, untuk segera memeriksakan kadar gula darahnya pada 6 sampai 12 minggu setelah melahirkan, dan rutin setiap tahun setelah itu.



 

Rekomendasi ACOG itu pun disambut baik, dan setelah masyarakat mulai mengenal risikonya, maka banyak yang mengikuti anjuran ini. Rekomendasi pemeriksaan pasca-melahirkan ini pun terus meningkat, dari 2 persen di tahun 2001 menjadi 7 persen di tahun 2011.

 

Morton-Eggleston mengerti hal ini sulit untuk tetap rutin mengecek kesehatan setelah memiliki anak. Tapi ia mengatakan, “Jika Anda mendapati diabetes atau kadar gula darah yang tinggi lebih awal, maka mengatur pola makan dan olahraga dapat sangat memperlihatkan efeknya dalam mencegah penyakit ini berkembang lebih parah.” (Rita/TW/Dok. M&B UK)



Tags: melahirkan,   persalinan,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020