Mother&Baby Indonesia
4 Cara Membuat Gaji Bertahan Lebih Lama

4 Cara Membuat Gaji Bertahan Lebih Lama

Bingung gaji bulanan 'menghilang' begitu saja? Padahal pengeluaran setiap bulan rasanya tidak terlampau besar. Ingin gaji bertahan sampai bulan depan? Empat cara dari Zap Finance berikut ini, bisa menjadi solusinya.

 

1. Buat Anggaran
Luangkan waktu untuk membuat anggaran sebelum tanggal gajian Anda. Alokasikan penghasilan ke dalam 3 pos utama, yaitu biaya hidup 50 persen, tabungan dan investasi 30 persen, dan biaya bersenang-senang 20 persen.




2. Rekening Terpisah
Bagaimana bisa menabung, jika dari awal Anda tidak memisahkan dana untuk tabungan atau investasi? Buatlah minimal 2 rekening berbeda, yang pertama untuk keperluan rutin dan yang ke-2 untuk tabungan.




3. Buat Prioritas
Banyak keinginan, tapi tidak sesuai dengan pendapatan? Ini saatnya membuat skala prioritas! Utamakan membayar cicilan di posisi pertama, kemudian lanjutkan dengan biaya hidup dan investasi kemudian.


4. Jadwal Berkunjung ke ATM
Terlalu banyak membawa uang tunai atau transaksi e-banking, sama-sama membuat gaji cepat hilang. Agar gaji bertahan lama, jadwalkan penarikan uang melalui ATM seminggu sekali, sesuai dengan pos anggaran. (Claudia Carla/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: keuangan,   tip,   gaji










Cover Mei-Juni-Juli 2020