Mother&Baby Indonesia
Lakukan Ini Agar Pendidikan Si Kecil Tidak Terhambat

Lakukan Ini Agar Pendidikan Si Kecil Tidak Terhambat

Moms, Anda pasti setuju kalau dana pendidikan adalah salah satu biaya terbesar dalam pengeluaran rumah tangga. Untuk itu, Moms perlu mempersiapkannya dengan matang dan sejak dini. Agar pendidikan anak tetap lancar, pastikan Moms telah melakukan daftar perencanaan seperti dilansir dari Zap Finance berikut ini, ya!

 



1.Tentukan Pilihan
Sebaiknya Moms sudah memperkirakan daftar sekolah yang hendak dituju. Persempit daftar dengan memilah mulai dari lokasinya, yaitu di dalam atau luar negeri. Kemudian tentukan apakah ingin sekolah negeri, swasta, nasional plus, atau internasional. Anda dapat mulai bertanya ke berbagai sekolah pilihan tersebut untuk mengetahui biayanya.




2.Hitung Biaya
Setelah mendapat gambaran biaya, kini saatnya Moms mulai memperhitungkan biaya di masa depan. Rata-rata biaya pendidikan akan naik 10 persen setiap tahun. Namun angka ini masih bisa berubah tergantung dari nilai inflasi. Untuk mendapat angka yang akurat, Moms dapat berkonsultasi dengan konsultan perencanaan keuangan.


3.Pilih Produk Keuangan
Selanjutnya, Anda perlu memilih produk keuangan untuk membiayai kebutuhan pendidikan Si Kecil. Terdapat 2 pilihan yang bisa dilakukan, yaitu tabungan atau asuransi pendidikan. Jika anak akan segera bersekolah dengan jangka kurang dari 2 tahun, sebaiknya Moms memilih tabungan pendidikan. Namun, bila Anda menginginkan bunga yang lebih tinggi, asuransi pendidikan adalah jawabannya. (Claudia Carla/TW/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: keuangan,   keluarga,   pendidikan,   anak