Mother&Baby Indonesia
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Menstruasi

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Menstruasi

Mentruasi memang bukan saat yang menyenangkan. Kram dan mulas kerap datang mengganggu aktivitas. Namun jangan khawatir, karena Moms dapat mengurangi rasa tidak nyaman tersebut dengan mengonsumsi bahan makanan yang tepat. Apa saja ya makanan itu? Seperti dikutip dari Rd.com, inilah 5 makanan yang menurut penelitian, terbukti dapat mengurangi sakit saat menstruasi.

 

1. Kalsium



Mengonsumsi kalsium ternyata terbukti efektif mengurangi kram dan kembung, yang diakibatkan oleh menstruasi. Kalsium juga dapat meningkatkan mood lho, Moms. Selain pada susu, Anda juga dapat menemukan kalsium pada produk berbahan dasar susu seperti yogurt dan keju.

 

2. Serat

Serat membuat pencernaan Anda lebih lancar, sehingga rasa kembung Anda akan berkurang. Serat banyak terkandung dalam kacang almon, apel, kacang panjang, chia seeds, dan ubi.

 

3. Zat Besi



Kehilangan darah saat menstruasi membuat Anda merasakan mood swing dan lesu. Untuk itu, Anda sebaiknya mengonsumsi zat besi penambah darah yang banyak ditemukan di cokelat, daging sapi, kambing, dan sayuran hijau.

 

4. Omega 3 dan Vitamin B12

Kombinasi 2 zat tersebut dapat mengurangi rasa kram secara drastis lho, Moms! Untuk mendapatkannya, Moms bisa mengonsumsi telur, yogurt, dan sea food.

 

5. Vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi Vitamin D dapat meningkatkan energi dan memperbaiki mood. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, Moms bisa mengonsumsi putih telur dan minyak ikan. Selamat mencoba ya, Moms! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: menstruasi,   makanan,   info,   tips,   vitamin,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020