Mother&Baby Indonesia
4 Hal Mudah untuk Optimalkan Kerja Otak

4 Hal Mudah untuk Optimalkan Kerja Otak

Pernahkah Anda merasa kurang semangat di pagi hari? Banyaknya pekerjaan dan kesibukan lainnya memang dapat membuat Anda stres dan kehilangan konsentrasi. Akibatnya, Anda tidak bisa bekerja secara optimal. Padahal menurut para ahli, 'melatih' otak di pagi hari dapat menjadi solusi efektif utuk mengoptimalkan kerja otak.

 

“Melatih beberapa bagian otak sebelum beraktivitas di pagi hari dapat meningkatkan ketangkasan dan kemampuan berpikir, sehingga Anda dapat berkomunikasi lebih efektif dengan rekan kerja,” ujar Jennifer Wolkin, PhD, ahli neuropsikologi dari New York City. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di pagi hari untuk menyiapkan otak agar bekerja optimal, seperti dikutip dari Rd.com.



 

1. Membaca

Cobalah membaca sesuatu di pagi hari, baik berupa buku, koran, atau artikel berita online. “Membaca di pagi hari akan membuat Anda lebih tenang dan membantu untuk menata ulang prioritas Anda di hari itu,” jelas Jason Liauw, MD, ahli bedah saraf di Saddleback Memorial Medical Center, California.

 

2. Olahraga

Dengan berolahraga, asupan oksigen yang masuk ke otak akan lebih lancar. Hasilnya, otak Anda akan lebih siap untuk berpikir, membuat keputusan, dan meningkatkan daya ingat.



 

3. Meditasi

Memang hal yang ini agak sulit dilakukan, apalagi Anda harus mempersiapkan kebutuhan Si Kecil dan suami. Tetapi, jika Anda dapat melakukannya, hal ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan konsentrasi dan menurunkan rasa cemas.

 

4. Mainkan Musik Klasik

“Mendengarkan musik klasik sambil bersiap-siap di pagi hari memberi tekanan pada sirkuit saraf yang telah terbukti meingkatkan kemampuan verbal, kognitif, dan konsentrasi,” ujar Dian Griesel, PhD, pakar bisnis dan kesehatan. Selamat mencoba ya, Moms! (Nadia/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: otak,   tips,   info,   kinerja








Cover Maret 2020