Mother&Baby Indonesia
Gejala Berikut Menjadi Indikasi Masalah Kesehatan (2)

Gejala Berikut Menjadi Indikasi Masalah Kesehatan (2)

 

Beberapa sinyal yang diberikan tubuh, bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan. Berikut 10 peringatan yang dikirimkan oleh tubuh sebagai tanda ada yang tidak beres di dalamnya. Jangan dihiraukan ya, Moms!

 



5. Sering flu = kurangnya bakteri baik dalam pencernaan
Mungkin terdengar aneh, namun sistem imun tubuh memang sangat berhubungan dengan usus. Untuk lebih spesifik, usus merupakan habitat dari bakteri baik yang berperan dalam sistem imun tubuh sebagai mekanisme pertahanan melawan penyakit. Karenanya, jika Anda sering mengalami flu, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak probiotik yang merupakan makanan bagi bakteri baik di sistem pencernaan. Sinyal lain dari ketidakseimbangan pencernaan adalah perut kembung, infeksi saluran kemih, kulit yang tidak sehat, dan kutu air.

 

6. Gangguan pencernaan = asam lambung
Asam lambung memegang peranan yang penting dalam pencernaan makanan. Ketika jumlah asam lambung sedikit, proses pencernaan makanan pun jadi tidak efisien. Hal ini juga menyebabkan makanan berada dalam waktu yang lama di dalam perut, begitu pula udara yang ikut tertelan saat makan. Ini menyebabkan perut kembung. Gejala lainnya adalah kuku yang pecah, infeksi kronis, dan sistem imun yang menurun.


7. Bibir pecah-pecah = dehidrasi
Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, kulit hanya mendapatkan sedikit kelembapan. Ini berarti, kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Bibir kita, khususnya, memerlukan sejumlah kelembapan untuk menjadi lebih sehat. Ketika kelembapannya kurang, ia menjadi pecah-pecah. Tanda lain dari dehidrasi adalah ingin makan makanan asin atau manis, letih, sulit konsentrasi, dan cepat marah.




8. Sakit kepala = minum terlalu banyak soda
Aspartame, salah satu jenis pemanis buatan dengan kandungan yang diklaim 200 kali lebih manis dari gula, merupakan bahan yang umum ditemukan dalam minuman soda. Studi mengenai efek pemanis ini pada hewan menunjukkan beragam masalah kesehatan, seperti migrain dan sakit kepala. Gejala lain dari konsumsi soda yang terlalu banyak adalah ngidam makanan manis dan asin, mudah marah, dan tidak bisa fokus.


9. Telinga dan tenggorokan gatal = pertumbuhan jamur yang berlebih
Candida albicans merupakan jamur yang bersarang di pencernaan. Dalam keadaan normal, keberadaan jamur ini memang tidak memberikan efek. Namun, ketidakseimbangan flora usus dapat menyebabkan jamur ini berkembang dan berkoloni. Jika sudah begitu, Anda pun akan mengalami gangguan kesehatan. Selain telinga dan tenggorokan yang kerap gatal, pertumbuhan jamur yang berlebih juga menimbulkan gejala kelelahan, sistem imun yang menurun, kenaikan berat badan, infeksi jamur pada mulut, dan mood swing.


10. Batuk terus menerus = post bronchitis sindrom
Setelah mengalami flu, biasanya diikuti dengan batuk berkepanjangan. Gejala dari sindrom post bonchistis sama dengan asam, hanya saja biasanya berlangsung lebih lama, hingga beberapa bulan. Jika mengalaminya, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Gejala lain dari sindrom ini adalah napas tersengat dan sakit tenggorokan.  (Rosa Ayu Hapsari/ Dok. Freedigitalphotos)

 

Baca 4 sinyal lainnya di sini.



Tags: kesehatan,   gejala tubuh,   sinyal tubuh








Cover Maret 2020