Mother&Baby Indonesia
Efek Perceraian untuk Kesehatan

Efek Perceraian untuk Kesehatan


Baru-baru ini, netizen dibuat cukup kaget dengan perceraian aktor Hollywood, Brad Pitt dan Angelina Jolie. Setelah hidup bersama selama lebih dari 10 tahun dan memilik 6 anak, Angelina menggugat cerai Brad pada Kamis (15/9). Pihak Angelina mengeluarkan pernyataan bahwa perceraian ini demi menjaga kebaikan keluarga mereka.

 

Perceraian memang bukan perkara mudah. Tidak hanya berefek pada kondisi psikis Anda, perceraian juga dapat memengaruhi kesehatan Anda. “Emosi negatif yang datang selama proses ini, seperti sedih, cemas, kewalahan, akan menjadi stres yang membebani tubuh Anda. Organ dan sistem tubuh Anda akan terganggu jika stres ini semakin kronis,” jelas psikolog asal Chicago, Elizabeth Lombardo, PhD., sepperti dikutip dari Health.com.



 

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2015 mengungkap bahwa wanita bercerai memiliki risiko 24 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung. Risiko ini naik ke 77 persen untuk wanita yang bercerai lebih dari satu kali.

 



Penelitian lain dari Johns Hopkin Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa orang yang pernah melalui proses perceraian, lebih rentan mengidap kondisi kronis seperti diabetes dan gangguan mobilitas seperti naik tangga. “Saat Anda stres, Anda cenderung tidak mengonsumsi makanan sehat dan tidak tidur. Anda mungkin tidak menyadari tanda-tanda penyakit di tubuh Anda,” ujar Elizabeth.

 

Untuk itu, Anda perlu menurunkan level stres agar tetap berpikir rasional untuk menjalani masa depan. “Pergilah bersama teman atau berlatih yoga. Lakukan apa saja untuk membuat tubuh Anda lebih santai dan normal,” saran Elizabeth. (Nadia/TW/Dok. Health.com)



Tags: cerai,   perceraian,   efek,   dampak,   kesehatan,