Mother&Baby Indonesia
Bahaya Terlalu Banyak Screen Time

Bahaya Terlalu Banyak Screen Time

 

Penelitian terbaru menunjukkan banyak balita masa kini memiliki keseimbangan yang buruk dan kurang memiliki kemampuan koordinasi motorik. Penelitian itu menemukan bahwa  penyebab masalah itu adalah karena anak terlalu banyak duduk dan menghabiskan waktu di depan layar tablet, gadget, atau televisi (screen time).

 



 

Penelitian ini melibatkan 45 anak berusia 4 dan 5 tahun di sekolah negeri di Leicester dan sekolah swasta di York, Inggris. Hasilnya, 90 persen partisipan kesulitan dalam bergerak dan koordinasi antara mata dan tangan.

 

Dari hasil pengamatan para peneliti, ditemukan bahwa banyak anak-anak berusia 4 tahun mengalami kesulitan untuk berjalan lurus, mempertemukan ujung jari-jari dengan ujung jempol, dan mendorong koin ke dalam kotak. Para peneliti mengatakan kurangnya aspek ini akan berefek pada kemampuan Si Kecil untuk belajar di sekolah kelak.

 



Anak-anak itu pun diikut sertakan dalam program percontohan untuk meningkatkan kemampuan motorik. Dalam program itu, mereka akan dilatih melakukan gerakan-gerakan fisik seperti melempar, menerima, latihan keseimbangan, dan melompat-lompat.

 

“Anak-anak sekarang jarang bergerak, kurang berkembang, dan kurang belajar. Kita harus memastikan anak-anak melakukan gerakan fisik yang cukup agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, baik dari aspek fisik, intelektual, dan emosional,” ujar profesor Pat Preedy, ketua program percontohan ini, seperti dikutip dari Daily Mail.

 

Sementara itu Dr Rebecca Duncombe, dosen di Loughborough University’s School of Sport, Exercise and Health Sciences, mengatakan bahwa kemampuan fisik anak mempengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan hal-hal kecil seperti memegang pensil, memakai sepatu, dan terutama membaca. (Nadia/SR/Dok. Daily Mail)



Tags: bermain,   balita,   info










Cover April 2020