Mother&Baby Indonesia
Memuji Berlebihan Picu Anak Menjadi Narsis

Memuji Berlebihan Picu Anak Menjadi Narsis

Setiap orang tua pasti suka memuji buah hatinya. Namun, terlalu sering memuji ternyata memberikan dampak yang tidak baik bagi Si Kecil.

 



Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti Ohio State University mengungkapkan bahwa pujian yang terus menerus diberikan, terutama pujian yang tidak semestinya, dapat membuat Si Kecil tumbuh menjadi orang yang narsis dan memiliki ego yang tinggi.

 

“Penelitian menunjukkan bahwa narsisisme lebih banyak terjadi di negara barat dibanding negara lainnya. Angkanya terus meningkat pada generasi muda dalam beberapa puluh tahun terakhir,” ujar salah satu peneliti, seperti dikutip dari Mother&Baby UK.



 

Para peneliti mengingatkan orangtua untuk membedakan antara memberi pujian untuk meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil dan memberinya pujian yang tidak perlu. Pujian yang berlebihan itulah yang membuat anak menjadi narsis dan egois. “Orang dengan percaya diri yang baik menganggap dirinya setara dengan orang lain, sementara orang narsis menganggap dirinya lebih baik dari yang lain,” jelas Brad Brushman, salah satu peneliti.

 

Lalu bagaimana cara memuji yang baik? Menurut psikolog keluarga Claire Halsey, Anda dapat memuji dengan tulus dan antusias namun tidak berlebihan.

 

“Pujian yang baik akan membuat Si Kecil berusaha menjadi yang terbaik, bukan berusaha untuk menang. Hindari memuji berlebihan, misalnya memuji terus-menerus dan dilakukan terhadap hal sekecil apa pun yang ia lakukan. Ini akan membuat Si Kecil merasa lebih baik dan lebih penting dari anak-anak lain,” jelas Claire. (Nadia/SR/Dok. M&B UK)



Tags: memuji,   pujian,   info