Mother&Baby Indonesia
Fakta Terbaru tentang ASI dan Perkembangan Fungsi Otak

Fakta Terbaru tentang ASI dan Perkembangan Fungsi Otak

Moms pasti sudah tahu segudang manfaat ASI, tapi tahukah Moms kalau ASI juga membantu memaksimalkan perkembangan fungsi otak Si Kecil? Dilansir dari laman sciencedaily.com, Brigham and Women's Hospital mengumumkan studi terbaru yang diterbitkan pada The Journal of Pediatrics, Juli lalu.

 

Studi tersebut diikuti oleh 180 bayi prematur sampai anak 7 tahun. Hasilnya, ditemukan bahwa bayi yang diberikan ASI dalam 28 hari pertama kehidupannya, memiliki beberapa bagian otak yang ukurannya lebih besar. Anak itu juga memiliki IQ, pencapaian akademik, memori, dan fungsi motorik yang lebih baik dibanding anak yang tidak diberikan ASI.



 

“Data kami juga mendukung rekomendasi untuk menjadikan ASI sebagai asupan bayi prematur selama Si Kecil berada di ruang rawat inap khusus bayi (NICU). Hal ini bukan hanya penting bagi Moms, tapi juga untuk pegawai rumah sakit, teman, serta anggota keluarga agar mereka bisa memberikan dukungan yang dibutuhkan selama Moms stres dan bekerja keras ketika memproduksi ASI untuk bayi mereka,” ujar Mandy Brown Belfort, MD, penulis sekaligus peneliti dan dokter di Department of Newborn Medicine, Brigham and Women's Hospital.



 

"Sangat penting untuk diingat bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi perkembangan bayi, dan pemberian ASI adalah salah satu hal yang memengaruhinya," tambah Belfort. (Yatin/TW/Dok. M&B UK)



Tags: kesehatan,   bayi,   asi